Dijamin Untung, Yuk Cari Tahu Cara Budidaya Ikan Cupang

Dijamin Untung, Yuk Cari Tahu Cara Budidaya Ikan Cupang

Ikan hias satu ini merupakan salah satu ikan yang banyak digemari. Dengan memiliki banyak warna yang menarik, ikan yang mudah untuk dipelihara ini pun dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin untuk mulai membudidayakan ikan. Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa tahapan yang bisa anda lakukan sebagai cara budidaya ikan cupang dengan mudah yang perlu untuk anda tahu. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Langkah Langkah Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Budidaya Cupang

  1. Dengan Memilih Ikan Cupang

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika ingin melakukan budidaya ikan ini adalah dengan memilih ikan yang ingin untuk anda budidaya terlebih dahulu. Ikan satu ini sendiri memiliki dua jenis yakni ikan cupang hias dan juga ikan hias adu. Untuk cupang hias tentu saja memiliki fungsi sebagai ikan hias yang bisa untuk anda nikmati keindahan warnanya. Sedangkan untuk ikan adu, maka ikan ini memang sengaja dipelihara untuk diadu dengan ikan cupang yang lain.

Untuk anda yang ingin mengetahui cara budidaya ikan cupang adalah dengan menentukan jenis yang ingin untuk anda budidaya. Cara untuk membedakannya sendiri pun cukup mudah yakni jika ikan tersebut memiliki gerakan yang cepat dan juga agresif maka ikan tersebut merupakan ikan dengan jenis adu. Sehingga semakin cepat gerakannya maka ikan tersebut memiliki peluang yang besar untuk bisa menang ketika aduan cupang.

  1. Dengan Memilih Induk Ikan Cupang

Tahapan selanjutnya adalah dengan memilih indukan dari ikan cupang tersebut. Dimana anda bisa memilih indukan dan juga bibit ikan yang berkualitas bagus. Anda pun juga bisa mengusahakan untuk memilih induk yang berasal dari kualitas dan keturunan unggul. Hal ini dapat ditandai dengan memiliki kondisi badan yang sehat, bebas dari penyakit dan tidak ada cacat di dalam tubuhnya.

Ketika anda telah mendapatkan indukan yang bagus, maka cara budidaya ikan cupang selanjutnya adalah dengan meletakkan ikan tersebut dalam wadah. Anda bisa menggunakan toples, gelas air mineral bekas dan juga yang lain. Hal ini dikarenakan ikan satu ini dapat dengan mudah hidup tanpa alat bantuan oksigen. Selain itu, anda pun perlu untuk memisahkan antara ikan yang betina dan juga yang jantan.

  1. Cara Mempersiapkan Pemijahan atau Perkawinan Ikan Cupang

Ketika ikan cupang anda telah siap untuk kawin maka anda pun perlu untuk menyiapkan tempat. Dimana anda bisa menggunakan baskom kecil yang memiliki ukuran yakni sekitar 20 x 20 x 20 cm untuk proses pemijahan ini. Anda pun juga perlu untuk menyiapkan gelas plastik kecil yang berguna untuk ikan cupang yang berita nantinya. Anda juga bisa menyiapkan dekorasi yakni beberapa tumbuhan.

Ketika anda melakukan pemijahan, maka nantinya di dalam satu kali pemijahan ikan satu ini pun akan bisa menghasilkan telur hingga mencapai 1000 butir telur. Dimana telur tersebut nantinya akan menetas dalam waktu sekitar 24 jam setelah pembuahan induk. Tingkat kematian dari benih ikan satu ini pun cukup tinggi. Hal ini dikarenakan dari 1000 telur nantinya hanya akan menghasilkan sekitar 30 hingga 50 ekor ikan saja.

Perlu anda ketahui ketika ingin tahu cara budidaya ikan cupang, maka nantinya ikan yang memiliki jenis kelamin laki laki akan bisa kawin hingga 8 kali. Dimana dengan memiliki jarak atau renggang waktu untuk kawin yakni sekitar 2 minggu. Namun hal ini akan berbeda dengan jenis yang betina. Dimana ikan dengan kelamin betina hanya akan bisa mengalami masa kawin selama 1 kali saja.

  1. Pakan Ikan Cupang

Jika anda berencana  untuk melakukan pembudidayaan ikan ini, maka anda pun perlu untuk mengetahui pakan kegemaran dari ikan ini. dimana ikan cupang gemas sekali untuk memakan cacing sutera, larva nyamuk dan juga kutu air. Sehingga bagi anda yang ingin mengurangi jentik nyamuk di rumah anda, maka anda pun bisa memelihara ikan satu ini. Untuk pemberian pakannya maka anda pun bisa memberikan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Hal ini bertujuan agar nantinya proses pertumbuhan ikan satu ini semakin cepat. Untuk pemberian pakan untuk ikan cupang, anda pun tidak boleh untuk memberikannya pakan terlalu banyak. Sehingga anda pun bisa memberikannya dengan cara sedikit demi sedikit. Hal ini dikarenakan jika anda memberikan makan dengan terlalu banyak maka hal tersebut akan bisa untuk mengotori air dan juga mengganggu kesehatan ikan cupang anda.

Selain itu, ketika anda ingin tahu cara budidaya ikan cupang maka penumpukan makanan di dalam air tentu saja akan membuat ikan cupang dapat menjadi terganggu kesehatannya. Untuk anda yang ingin mencari kutu air sebagai pakan ikan maka anda pun bisa mencarinya melalui selokan selokan yang tergenang. Atau anda pun juga bisa untuk mencarinya di toko yang menjual pakan ikan. Anda pun juga bisa untuk membudidayakannya sendiri.

  1. Perawatan Ikan cupang yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang telah anda ketahui, bahwa untuk memelihara ikan ini dapat anda lakukan di tempat yang memiliki minim oksigen. Akan tetapi, anda juga disarankan untuk tetap menjaga kondisi dari kualitas air yang ditempati oleh ikan cupang tersebut. Sehingga anda pun bisa memberikan filter pembersih yang terpasang pada akuarium ikan cupang yang anda miliki.

Hal ini memiliki tujuan agar nantinya ikan anda tersebut akan tetap memiliki kondisi air yang akan tetap terjaga kebersihannya. Hal ini tentu saja akan bisa bertujuan untuk membantu ikan cupang agar tetap terlihat bersih dan juga berkualitas. Untuk itu, ketika anda ingin tahu cara budidaya ikan cupang dengan sempurna dan cantik ketika anda membawanya ke kontes ikan cupang, maka anda pun perlu untuk merawatnya dengan baik dan menjaga kondisi airnya.

Itulah beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan ketika ingin melakukan pembudidayaan ikan cupang. Dengan melakukan budidaya yang baik dan benar, maka nantinya anda pun akan bisa untuk mendapatkan ikan dengan kualitas yang bagus pula. Ikan cupang sendiri merupakan salah satu ikan yang memiliki cara pembudidayaan yang mudah, sehingga anda pun bisa mencoba untuk membudidayakan ikan satu ini di rumah.