Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Bisa Lancar Lagi

Cara Mengatasi Hp Lemot Agar Bisa Lancar Lagi

Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih, maka perkembangan di dunia smartphone juga semakin canggih. Saat ini sudah banyak sekali rilis hp baru, sehingga perkembangannya semakin hari semakin canggih. Namun ketika hp sudah lama digunakan maka performanya pun semakin lemot.

Ketika sudah memiliki hp yang lemot pastinya anda berusaha mencari cara yang tepat agar hp tersebut bisa normal kembali. Pastinya anda akan merasa sangat jengkel ketika mendapati hp yang lemot ketika dibutuhkan. Memang saat ini ponsel pintar sudah dibekali dengan RAM sehingga performa hp akan lebih cepat. Kini sudah ada RAM mulai 2GB sampai dengan RAM 8GB.

Walau sudah dibekali RAM dengan kapasitas besar belum bisa menjadi jaminan kalau hp anda lancar selamanya. Mengingat banyak sekali faktor yang menyebabkan hp anda bisa lemot bahkan melambat.

Penyebab Hp Mengalami Penurunan Performa

pexels.com

Sebelum membahas cara mengatasi hp lemot dari Leskompi maka anda juga harus tahu apa saja penyebab hp anda lemot. Mengingat banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan hp anda mengalami penurunan performa. Berbagai faktor yang menyebabkan hp lemot ini mulai dari usia pemakaian, terlalu banyak aplikasi, dan memori penuh.

Selain itu juga ada faktor eksternal seperti adanya tekanan, kecipratan air, adanya guncangan dan masih banyak faktor lainnya.Nah, supaya agar anda tetap nyaman menggunakan hp anda dan terbebas dari hp yang lemot. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi hp yang mengalami penurunan performa.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Hp Lemot

pexels.com

Apabila anda ingin performa hp anda tetap bagus maka anda tidak boleh asal pakai saja. Pastikan anda juga harus mau merawat hp anda dengan benar agar tetap awet dan tetap lancar jaya walau sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Disarankan untuk menjalankan beberapa cara mudah berikut ini agar hp anda anti lemot.

  1. Menggunakan aplikasi anti-virus itu tidak penting

Salah satu penyebab hp anda lemot adalah mengaktifkan aplikasi virus yang tidak penting. Mengingat aplikasi anti-virus ini akan terus berjalan di belakang layar. Tentunya kalau dibiarkan terlalu lama bisa menghabiskan ruang pada RAM. Kalau ruang RAM hp anda sudah penuh maka hp anda akan mengalami penurunan performa sehingga akan semakin lemot.

  1. Terlalu banyak aplikasi bikin hp lemot

Faktor kedua yang menyebabkan hp anda mengalami penurunan performa adalah terlalu banyak aplikasi yang aktif pada hp. Memang saat ini ketika memiliki smartphone canggih, rasanya itu ingin instal semua aplikasi yang ada di Play Store. Namun anda tidak boleh serta merta menginstal berbagai aplikasi. Lihat dulu berapa kapasitas memori internal hp anda. Jadi walau memiliki  memori internal yang besar maka lebih baik anda menghapu beberapa aplikasi yang memang itu tidak penting. Mengingat kalau dibiarkan terus akan menyebabkan hp lemot.

  1. Memperbarui sistem dan aplikasi

Ketika ada pembaruan software maka ini ada perbaikan masalah aplikasi yang terdahulu. Biasanya ketika ada pembaruan, maka akan ada penambahan fitur dan tingkat keamanan yang baik. Maka dari itu anda disarankan untuk rajin melakukan pembaruan OS dan aplikasi. ketika aplikasi ini selalu diupdate maka hp anda akan tetap berjalan dengan lancar. Nah, untuk mengecek ada pembaruan atau tidak ini anda bisa pergi ke pengaturan dan langsung masuk ke sistem update.

  1. Mengurangi adanya widget

Kita ketahui bersama kalau widget ini merupakan salah satu yang membuat tampilan hp anda akan semakin bagus dan menarik. Perlu anda ketahui bersama bahwa adanya widget itu akan memaksa hp anda untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Tentunya ini akan menyebabkan ruang RAM anda akan semakin penuh. Ketika ruang RAM sudah semakin kecil maka hp anda performanya akan semakin lemot. Maka dari alangkah lebih baiknya kalau anda mengurangi penggunaan widget.

  1. Membersihkan cache dan aplikasi yang baru digunakan

Cache merupakan sebuah data sementara yang ada dari aplikasi yang sudah anda gunakan sebelumnya. Nah, dengan adanya cache ini maka anda akan semakin cepat membuka aplikasi yang butuhkan karena semua data sudah di akses. Namun semua itu membuat performa hp anda akan semakin lemot. Saat ini semua pabrikan hp sudah menyediakan berbagai cara mudah untuk membersihkan cache di memori. Caranya cukup mudah yaitu dengan masuk ke menu pengaturan kemudian masuk ke App dan masuk ke All. Kemudian anda bisa memilih menu Clear Cache untuk membersihkan berbagai data cache yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

  1. Format ulang atau factory reset

Apabila cara semua yang diatas sudah anda lakukan namun masih belum membuahkan hasil, maka jangan berputus asa karena masih tersimpan satu cara lagi. Cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan performa hp yang lancar yaitu dengan format ulang. Tentunya cara ini merupakan cara yang paling ampuh, karena semua aplikasi, settingan pabrik, dan berbagai virus akan dihapus. Ketika melakukan format ulang yang ada akan menyisakan data-data bawaan pabrik.

Itulah beberapa cara mengatasi hp lemot, namun kalau anda tidak mampu mengatasi masalah hp lemot maka anda bisa kunjungi situs Leskompi yang berkualitas dan terpercaya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah hp lemot.