Cara Meningkatkan SEO Website Lama Yang Belum Teroptimasi

Cara Meningkatkan SEO Website Lama Yang Belum Teroptimasi

Punya masalah seperti website tidak kunjung muncul di halaman pencarian? Kemungkinan penyebab utamanya berasal dari optimasi situs yang masih kurang baik. Maka solusinya, Anda perlu menerapkan cara meningkatkan SEO website.

SEO sendiri memainkan peran dalam mendorong situs di halaman pencarian. Pengoptimalan mesin pencari diharapkan mampu mendorong situs terus mengalami kenaikan peringkat. Karena pengoptimalannya disukai oleh Google.

Tidak hanya itu saja, optimasi ini nantinya disukai oleh audiens. Dengan begitu, keterlihatan situs di internet berbanding lurus dengan harapan pemiliknya. Yakni mendapatkan respon positif dari pengguna dengan adanya tindakan akses ke dalamnya.

Optimasi ini seharusnya dilakukan sejak awal. Contohnya ketika Anda telah membeli domain dan hosting seperti di Hosting Indonesia. Setelah membangunnya, Anda perlu mengoptimasinya agar pekerjaan semakin ringan.

Lalu, bagaimana jika situs ini sudah aktif cukup lama? Mau tidak mau, Anda perlu memperbaikinya. Di antara yang perlu diperbaiki adalah sebagai berikut.

Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading dari situs wajib diperbaiki. Secara, ini berkaitan dengan mesin pencari sekaligus user.

Algoritma Google akan memprioritaskan situs yang memiliki kecepatan lebih baik. Bahkan, Google sudah menjelaskan tentang berapa maksimal loading dari sebuah website.

Loading website yang terlalu lama biasanya akan diabaikan oleh mesin pencari. Beberapa kasus menyebutkan bahwa website tidak lagi dirayapi oleh mesin. Kondisi ini yang sangat fatal lantaran website tidak akan pernah muncul di halaman pencarian.

Sebagai pemilik situs, kondisi ini tentu tidak diharapkan. Oleh karenanya, Anda perlu mengoptimalkannya dengan mempercepat loading website.

Pengoptimalannya bisa dilakukan dengan menggunakan hosting yang super cepat. Selain itu, Anda perlu menghilangkan beberapa kode sumber yang memberatkan situs. Ini berupa javascript dan CSS yang sebenarnya tidak Anda perlukan dalam website.

Untuk memeriksa kode tersebut, lakukan pengecekan dengan GTmetrix ataupun Page Speed Tool. Cukup masukkan url website ataupun url halaman, maka Anda akan menemukan beberapa kode yang membuat konten semakin berat.

Di sini, Anda hanya perlu menghilangkannya. Atau, Anda memodifikasinya supaya tidak mempengaruhi pada kecepatannya.

Biasanya, sumber pihak ketiga seperti analytic, histats dan lain sebagainya sering memberatkan. Secara, mesin pencari akan membawanya sehingga menimbulkan penundaan dalam membuka situs. Akibatnya, situs terus melambat dan berdampak buruk pada situs.

Mengoptimasi Konten Lama

Cara meningkatkan SEO website yang perlu Anda lakukan ialah dengan memperbaiki konten lama. Perbaikan ini menyangkut beberapa hal. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Pengoptimalan Kata Kunci

Faktanya, website bisa ditemukan pengguna melalui kata kunci yang diketik di halaman pencarian. Jika Anda tidak menggunakannya, konten sebagus apapun akan sulit menjaring pengguna internet.

Kata kunci ini setidaknya perlu ditemukan. Kemudian diolah menjadi sebuah artikel sesuai keinginan dari pemilik website.

Dalam sebuah artikel, Anda perlu memasukkan dalam artikel beberapa kali. Di antara lokasinya adalah judul, awal paragraph, tengah dan akhir.

Jangan lupa untuk meletakkan kata kunci pada url. Karena inilah yang akan dibaca oleh mesin pencari.

  1. Pengoptimalan Judul, Meta Deskripsi

Judul dan meta deskripsi juga tidak luput dari perhatian. Anda perlu memodifikasinya supaya terlihat lebih SEO.

Beberapa sumber menjelaskan bahwa panjang judul maksimal tidak lebih dari 60 karakter. Sementara meta deskripsi bisa di kisaran 150 karakter.

Fungsinya untuk menyesuaikan dengan tampilan di mesin pencarian. Artinya, tidak ada kata yang terpotong sehingga tidak menimbulkan kegagalan dalam memahami informasi.

  1. Pengoptimalan Gambar

Gambar juga perlu dioptimalkan. Kebanyakan, gambar yang terdapat dalam situs memiliki resolusi cukup besar. Akibatnya, ini memberatkan situs sehingga pemuatannya tidak maksimal.

Sebagai pemilik situs, Anda disarankan untuk mengoptimasinya. Caranya dengan compress gambar agar hasil pemuatannya menjadi lebih ringan. Kemudian, masukkan ALT Tag berupa kata kunci supaya gambar ini muncul dalam halaman pencari.

  1. Internal Link

Internal link menjadi kekuatan dari sebagian pemilik website. Internal link akan menjaga user tetap berada di dalam situs. Lebih tepatnya membuat user betah sehingga situs dipandang bagus oleh mesin pencari.

  1. Menghapus Broken Link

Optimasi terakhir ialah memperbaiki broken link. Ini merupakan kondisi di mana terdapat beberapa link mati yang telah Anda buat dalam situs.

Broken link menyebabkan mesin pencari kebingungan. Jika tidak segera diperbaiki, situs akan diabaikan sehingga berpengaruh pada kesehatan situs. Pada akhirnya, situs akan kehilangan banyak visitor ke depannya.

Kesimpulannya, cara meningkatkan SEO website lama ini fokus pada perbaikan konten serta kecepatan. Sebaliknya untuk situs baru, Anda perlu menambahkan optimasi seperti memperpendek url.