Mengintip Gaya Desain Rumah Modern Yang Sedang Trend

Mengintip Gaya Desain Rumah Modern Yang Sedang Trend

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi oleh setiap orang. Bukan hanya sebagai tempat bernaung, tetapi juga menjadi area terbaik untuk berkumpul dengan anggota keluarga. Seiring waktu, model hunian ini mengalami banyak perubahan konsep. Jika anda mencari desain rumah modern yang sedang trend masa kini, yuk simak ulasan berikut ini.

Gaya Rumah Yang Sedang Trend Di Masa Kini

  1. Desain Rumah Minimalis

Salah satu konsep hunian modern yang sedang trend dan booming adalah desain minimalis. Sebenarnya, sebelum mengenal desain minimalis, konsep rumah di Indonesia mengalami berbagai perubahan. Di zaman dahulu, sebagian besar hunian berkiblat dan mengusung desain tradisional. Namun, setelah belanda masuk, gaya kolonial mulai diadopsi untuk konsep rumah.

Tak lama kemudian, masuknya budaya Cina turut serta mempengaruhi dan bergabung dengan gaya kolonial dan tradisional khas Indonesia. Lambat laun, inspirasi desain dan model dekorasi rumah mengalami perkembangan, hingga saat ini populer dengan konsep minimalis. Desain tersebut, lebih diminati karena lebih terkesan simpel namun tetap mengusung tema modern.

Seperti yang diketahui, desain minimalis ini menitikberatkan pada kesan sederhana dan simpel. Sehingga, wajar jika dekorasi , bangunan, dan semua elemen pendukung digunakan hanya seperlunya saja. Kendati demikian, desain rumah modern dengan konsep minimalis tetap terlihat elegan dan mewah. Sebenarnya, ciri khusus konsep ini dapat terlihat dari eksterior dan interiornya.

Jika dilihat dari tampilan eksterior, bangunan gaya minimalis lebih banyak didominasi oleh garis geometris yang tegas.  Selain itu, adanya tambahan tanaman atau dekorasi pada area taman menjadi salah satu focal point dari konsep tersebut. Tak hanya itu saja, umumnya desain minimalis menerapkan bentuk atap mendatar dan jendela kaca yang besar dan lebar.

Sedangkan dari segi interior, desain hunian tersebut cenderung menggunakan dekorasi yang mempunyai bidang lurus, tanpa ada aksen ornamen yang berlebihan, misalnya saja seperti ukiran. Pada bagian dinding, konsep ini sangat sedikit mengaplikasikan sekat pada ruangan. Hal ini dimaksudkan agar rumah minimalis tampak terlihat lebih luas.

Bukan itu saja, pemilihan pada bentuk furniture, warna dinding dan dekorasi ruangan juga mengutamakan kesan simpel, bahkan terlihat monoton. Maka dari itu, untuk menonjolkan kesan mewah pada interior, digunakan bantuan efek cahaya. Sehingga, wajar jika anda mendapati lebih dari satu buah set lampu pada rumah bergaya minimalis.

  1. Desain Rumah Bergaya Modern

Selain minimalis, desain rumah bergaya modern juga mulai booming dan menjadi trend, tepatnya ketika mulai memasuki abad ke-20. Konsep tersebut, merujuk pada penggunaan gaya dekorasi setelah era tradisional dan awal industrial. Meskipun begitu, hingga kini masih banyak yang menerapkan desain rumah satu ini.

Bagi anda yang hendak menerapkan konsep hunian tersebut, ada baiknya untuk mengetahui karakteristik rumah modern dahulu. Pada dasarnya, gaya modern mengaplikasikan warna cerah untuk setiap perabot dan dekorasi. Tak hanya itu, bahan yang digunakan cenderung lebih banyak menggunakan garis berliuk dan bersifat natural.

Rumah yang bergaya modern, umumnya mempunyai dinding interior yang dipoles dengan menggunakan warna netral. Untuk penggunaan cat, biasanya rumah tersebut memadukan dua hingga tiga tone, namun pemilihan warna yang digunakan tidak akan jauh dari konsep netral. Dari segi perabot, gaya hunian modern lebih mengaplikasikan desain clean look.

Konsep clean look tersebut, cenderung dihadirkan pada  penggunaan meja, sofa, dan perabotan lain yang berukuran besar. Dengan dekorasi clean look, akan menimbulkan kesan bersih yang elegan pada tampilan interior rumah. Biasanya, untuk menampilkan kesan ini sering menggunakan perabotan yang mengaplikasikan warna netral dan soft, seperti putih.

Bukan itu saja, dari sisi dekorasi atau hiasan, rumah gaya modern cenderung ikonik dan berbeda dari desain hunian lainnya. Jika pada konsep minimalis, desain yang digunakan biasanya mempunyai bentuk asimetris dan banyak lengkung. Namun, pada desain rumah modern cenderung menggunakan dekorasi berbentuk pajangan gantung atau lukisan abstrak.

  1. Desain Rumah Bergaya Industrial

Ada lagi desain hunian modern yang mulai banyak diminati, bahkan menjadi trend masa kini yaitu konsep industrial. Konsep rumah tersebut mengedepankan dekorasi dengan tampilan yang terkesan rustic atau berkarat dan usang. Bisa dikatakan jika lapuk dan berkarat menjadi daya tarik utama dari desain rumah bergaya industrial.

Anda bisa menggunakan barang bekas atau daur ulang sebagai dekorasi untuk konsep hunian ini. Misalnya saja, memakai jendela bekas yang diubah menjadi perabotan multifungsi, seperti rak dan lainnya. agar terlihat indah, padukan dengan warna maskulin berspektrum monokrom. Karena dari barang bekas, tentu anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Seperti halnya desain rumah pada umumnya, konsep hunian bergaya industrial juga mempunyai ciri yang khas, baik dari interior maupun eksterior. Biasanya, rumah dengan konsep ini menampilkan permukaan dinding dan atap yang dibiarkan terekspos. Sehingga, batu bata, pipa air dan benda lainnya kerap terlihat begitu saja.

Selain itu, hunian yang mengusung kesan industrial cenderung didominasi dengan material yang terbuat dari kayu, batu bata, alumunium, batako, dan besi. Dimana, semua material tersebut tanpa diplester, sehingga menampilkan warna yang sangat alami. Jika ingin memadukannya dengan desain rumah modern, anda bisa mengecat permukaan dinding dengan abu-abu.

Jika dilihat dari perabot pengisi, konsep hunian tersebut juga menampilkan warna alami, tanpa dicat maupun dipelitur. Semua furniture kayu yang digunakan, dibiarkan mempunyai tampilan asli. Begitupun pada perabotan lain yang terbuat dari bahan alumunium dan stainless. Untuk mendapatkan inspirasinya, anda bisa mengunjungi gabdearq.com.

  1. Desain Rumah Bergaya Kontemporer

Apabila diartikan kontemporer mempunyai makna masa kini, sehingga wajar jika konsep hunian tersebut telah menjadi trend di era modern ini. Sebagian orang beranggapan jika desain hunian kontemporer sama dengan modern, padahal sebenarnya sangat berbeda. Pada gaya modern, lebih merujuk desain rumah di awal abad ke-20.

Sedangkan desain kontemporer, lebih condong pada konsep hunian masa kini, sehingga lebih dinamis dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan trend. Umumnya, rumah konsep ini menggunakan dekorasi dari material olahan pabrik, seperti besi, kayu olahan, krom, kaca, dan sebagainya. Dari segi dekorasi, mengutamakan guratan halus, berpola teratur, dan rapi.

Di era semakin modern ini, desain rumah juga turut mengalami perkembangan. Beberapa inspirasi gaya hunian tersebut dapat anda jadikan pilihan, ketika hendak memilih konsep tempat tinggal. Perlu anda tahu, desain rumah bisa mencerminkan karakteristik penghuni, jadi pastikan jika anda memilih konsep hunian sesuai dengan selera idaman anda.