Bagaimanakah Doa Bercermin yang Benar? Lihat di Sini

Bagaimanakah Doa Bercermin yang Benar? Lihat di Sini

Berapa kali dalam sehari Anda menghias diri dan bercermin? Pastinya sekurang-kurangnya Anda bercermin sebanyak 2 kali setiap habis mandi. Terutama bagi kaum hawa, bisa saja lebih dari 10 kali sehari melihat penampilannya di depan cermin. Meskipun begitu, aktivitas bercermin tersebut bukan hanya milik kaum wanita saja. Nyatanya, para pria juga sering melakukannya.

Pertanyaannya adalah apakah Anda sudah berdoa setiap kali memantaskan diri di depan cermin? Mungkin justru selama ini Anda belum tahu bahwa ada doa khusus yang sebaiknya diucapkan ketika sedang bercermin. Jangan berkecil hati kalau Anda selama ini belum membaca doa bercermin. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik.

Bacaan Doa Saat Bercermin

Anda bisa mulai membaca doa ketika bercermin mulai saat ini dan terus membiasakan hal tersebut. Anda bisa melihat bacaannya di buku dan artikel kumpulan doa atau bisa juga dari artikel ini. Bacaan doa bercermin bisa Anda lihat di bawah ini.

Mulai sekarang, Anda bisa membiasakan diri untuk selalu membaca doa setiap kali bercermin di depan kaca untuk mematutkan diri. Tidak perlu merasa khawatir kalau Anda belum tahu bagaimana doa bercermin tersebut. Anda bisa melihatnya di bawah ini.

 “Allahumma kamaa hassanta kholqii fahassan khuluqii”.

Dengan lafal yang tidak terlalu panjang, maka sesungguhnya tidak sulit untuk menghafalkannya.

Arti dan Terjemahan dari Doa Bercermin

Mengapa terdapat tuntunan untuk membaca doa ketika kita sedang bercermin? Apakah ada makna dan arti yang sangat penting di dalam doa tersebut? Untuk bisa menjawab pertanyaan itu, hal pertama yang sebaiknya diketahui adalah apa arti dari doa itu. Arti dari doa saat bercermin bisa Anda lihat di bawah ini.

Arti doa bercermin yaitu :

“Ya allah, sebagaimana Engkau telah menciptakanku dengan baik, maka baguskanlah pula akhlakku.” 

Terkait doa tersebut di atas, Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan,

“Terdapat riwayat yang shahih bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca doa ini. Hanya saja tidak dijumpai keterangan bahwa beliau membaca doa itu ketika melihat cermin. Ibnu Rusyd ditanya tentang doa ini, kemudian beliau mengingkari orang yang melarang doa ini, mengingat keumuman hadist yang memerintahkan untuk berdoa.” Fawaid fi Al-Alfadz, Syaikh Bakr Abu Zaid, Hal. 13

Sekarang, Anda sudah bisa memperkirakan apa sebenarnya makna yang terkandung dalam doa yang sebaiknya kita ucapkan ketika bercermin. Namun, jika Anda masih merasa belum begitu paham makna dan arti dari doa saat bercermin, berikut pembahasannya lebih lanjut.

Makna dari Membaca Doa Ketika Bercermin

  1. Mensyukuri Kondisi Fisik Kita

Tujuan dari bercermin adalah melihat dan mematut-matut diri apakah enak dilihat atau tidak. Diberikan karunia dan anugerah fisik yang sehat dan sempurna tidak ada cacat sedikit pun, sudah selayaknya kita mensyukurinya. Di luar sana, banyak orang yang kurang beruntung memiliki fisik yang tidak sempurna sehingga merasa rendah diri. Orang yang fisiknya tidak sempurna juga akan kurang maksimal beraktivitas.

Allah Subhanahu wa ta’ala menciptakan manusia dengan segala kesempurnaan. Manusia merupakan ciptaan Allah yang paling sempurna di antara ciptaan Allah yang lainnya. Dari hal itu saja maka sebagai manusia, kita wajib bersyukur atas semua nikmat sehingga selayaknya berdoa sebagai wujud rasa syukur tersebut. Berdoa saat bercermin sekaligus sebagai tanda kita mensyukuri kesempurnaan fisik.

  1. Menjauhkan dari Rasa Sombong

Banyak orang bersikap sombong karena merasa memiliki wajah yang cantik atau tampan sehingga kemudian merendahkan orang lain. Allah sungguh tidak menyukai orang yang sombong. Untuk mencegah kita memiliki sikap tersebut, perbanyaklah doa untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Orang yang kurang dekat secara emosional dengan Allah akan merasa semua kelebihannya adalah miliknya sendiri.

Seharusnya kita menyadari bahwa semua kelebihan fisik yang ada pada diri kita merupakan pemberian dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Kalau kita menyadari hal tersebut, maka tidak selayaknya kita menjadi sombong dan tinggi hati. Dengan lebih sering membaca doa bercermin tersebut, setidaknya kita akan selalu ingat bahwa semua kelebihan fisik tersebut milik Allah Subhanahu wa ta’ala.

  1. Meningkatkan Ketakwaan

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, doa saat bercermin merupakan bentuk syukur kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan nikmat dan anugerah berupa kesempurnaan fisik. Senantiasa bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang diterimanya adalah salah satu ciri orang bertakwa. Semakin sering kita membaca doa tersebut, semakin meningkat pula ketakwaan kita.

Mensyukuri nikmat Allah bisa dilakukan dengan beragam cara, termasuk dengan cara yang sangat sederhana, seperti membaca doa bercermin. Hal yang sangat mudah ini tentunya sayang jika tidak kita lakukan. Ingatlah bahwa Allah akan menambah nikmat kepada orang-orang yang pandai bersyukur. Untuk Kumpulan doa-doa lainnya bisa kunjungi situs al-fikry.com.