Fakta Menarik Mengenai Jeruk Mandarin

Fakta Menarik Mengenai Jeruk Mandarin

Jeruk mandarin selalu menjadi elemen penting yang harus ada pada perayaan imlek. Mungkin di momen imlek adalah waktu dimana kamu akan mendapatkan banyak jeruk mandarin dari kalangan tionghoa yang sedang merayakan perayaan imlek di wilayah tertentu. Uniknya jeruk mandarin tak hanya digunakan di perayaan imlek saja, namun kamu juga bisa melihatnya di perayaan akhir tahun. Orang jepang kebanyakan memakan jeruk mandarin pada perayaan akhir tahun, dan mungkin bagi kamu yang pernah atau tinggal di Jepang juga merasakan pengalaman perayaan akhir tahun dengan memakan jeruk mandarin. Di bawah ini akan diulas beberapa fakta mengenai jeruk mandarin, antara lain:

  1. Merupakan Spesies Jeruk Orisinil

Jeruk mandarin memiliki nama latin citrus reticulata dan tergolong dalam spesies jeruk orisinil yang merupakan nenek moyang dari berbagai hybrid jeruk dibawahnya. Contohnya adalah dari spesies jeruk orang yang sudah banyak beredar di pasaran yang merupakan hybrid dari jeruk mandarin dan jeruk pomelo.

  1. Tidak Memiliki Rasa Yang Terlalu Asam

Biasanya jeruk normal memiliki rasa yang asam, namun hal ini berbeda dengan jeruk mandarin yang memiliki kadar rasa asam lebih sedikit. Dan alhasil jeruk mandarin lebih terasa manis dan rasa yang cukup kuat dibandingan dengan jeruk lainnya. Rasa manis dari jeruk mandarin terasa lebih enak di lidah dan nikmat karena tidak terlalu asam.

  1. Memiliki Kulit Yang Lebih Tipis

Jeruk mandarin memiliki kulit yang lebih tipis dari jeruk normal lainnya, sehingga mudah dikupas. Di bagian putih jeruknya juga lebih gampang dipisahkan ketika akan memakannya. Kedua hal ini menjadi kelebihan yang dimiliki oleh jeruk mandarin.

  1. Ukuran Mini

Untuk ukurannya jeruk mandarinĀ  memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada jeruk biasa yang hanya memiliki ukuran sekitar 4-8 cm. Bentuk jeruk mandarin juga tidak terlalu bulat dan agak gepeng di bagian tengahnya dan lebih mudah dikupas.

Informasi di atas merupakan fakta-fakta mengenai jeruk mandarin yang menjadi kelebihan dari jeruk biasa lainnya.