Pilihan Tepat Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan

Pilihan Tepat Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan

 

Memilih jurusan ketika lulus SMA sering kali menjadi permasalahan yang cukup rumit untuk diselesaikan. Apalagi jika lulusan SMA tersebut merupakan anak IPS di masa sekolahnya, ada banyak jurusan kuliah yang dapat dimasuki oleh para lulusan IPS. Karena ada banyak jurusan yang dapat dimasuki, mereka harus memiliki pertimbangan yang tepat agar pilihan jurusan kuliah dapat memberikan manfaat di kehidupannya kelak.

Jurusan Kuliah Bagi Lulusan IPS yang Menjanjikan untuk Lima Tahun ke Depan

Meskipun ada banyak jurusan kuliah yang dapat dimasuki, tidak semua jurusan dapat memberikan jaminan di masa depan. Untuk lima tahun ke depan, ada beberapa jenis jurusan yang memberikan jaminan masa depan baik. Jurusan ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang dalam lima tahun mendatang dapat memberikan kehidupan lebih baik bagi para lulusan. Jurusan ini tidak hanya memberikan keahlian berbicara bagi mahasiswanya tetapi juga memberikan informasi mengenai periklanan dan cara menulis berita dengan baik.

Jurusan ilmu komunikasi mengajarkan kepada mahasiswanya untuk piawai dalam menyampaikan pesan dengan baik. Peluan kerja bagi lulusan jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi seorang jurnalis, public relation dan bekerja di media televisi. Jika ingin menjadi bagian dari mahasiswa ilmu komunikasi, calon mahasiswa dapat daftar kuliah online. Beberapa universitas akan memberikan batas waktu untuk pendaftaran mahasiswa ilmu komunikasi secara online.

Jurusan bisnis dan manajemen menjadi jurusan kuliah IPS lainnya yang dapat memberikan jaminan di masa depan. Banyak mahasiswa yang membutuhkan lulusan manajemen dan bisnis. Hal tersebut dapat terjadi karena lulusan jurusan ini dapat ditempatkan pada divisi manapun. Selain divisi manajemen perusahaan marketing, lulusan dapat pula bertindak sebagai HRD. Lulusan bisnis dan lulusan manajemen dapat merencanakan sumber daya, membuat kebijakan hingga menciptakan strategi bisnis untuk perusahaan.

Jurusan IPS lainnya yang menjanjikan dan dapat memberikan kehidupan lebih baik bagi mahasiswanya adalah jurusan sastra. Jika ada anggapan bahwa jurusan ini tidak memberikan prospek yang baik, anggapan tersebut tentunya salah. Jurusan ini pada nyatanya akan memberikan manfaat yang baik untuk lima tahun mendatang. Di masa depan, lulusan jurusan sastra dapat bekerja sebagai penulis sukses dan jurnalis.

Sosok Hotman Paris Hutapea merupakan sosok sukses yang berkarir di ilmu hukum. Jika kita ingin menjadi sosok sukses tersebut, jurusan ilmu hukum menjadi jurusan yang patut untuk kita pilih setelah lulus SMA. Tidak hanya dapat memberikan bantuan kepada orang lain, menjadi seorang pengacara membuat kita memiliki pendapatan yang cukup tinggi.

Jurusan Kuliah yang Sesuai untuk Pecinta IPS

Kegemaran akan mata pelajaran IPS tidak dimiliki oleh semua orang. Meskipun demikian, ada sebagian orang yang masih menyukai mata pelajaran ini. Mereka yang menyukai mata pelajaran IPS tentunya akan memilih jurusan IPS ketika menginjak bangku perkuliahan. Psikologi sendiri menjadi pilihan jurusan IPS yang banyak dipilih.  Jurusan ini mempelajari mengenai alur pemikiran manusia ketika bertindak. Mempelajari hubungan intra personal, persepsi dan kognitif menjadi pengetahuan yang diberikan oleh jurusan psikologi. Ketika mempelajarinya, kita tidak akan merasa bosan sama sekali.

Jika kita ingin mendapatkan masa depan yang baik dan membuat kita sering berpergian ke luar negeri, jurusan hubungan internasional menjadi jurusan IPS yang dapat kita pilih. Jurusan ini mengajarkan kepada peserta didik agar dapat menjalin hubungan yang baik antar negara dan mempertahankan keharmonisan antar negara. Prospek kerja dari jurusan hubungan internasional adalah sebagai duta besar, politisi, wartawan dan konsultan internasional.

Jika kita gemar membaca dan merupakan sosok yang tidak mudah bosan, jurusan ilmu perpustakaan menjadi jurusan IPS lainnya yang dapat dipilih. Ketika kita lulus dari jurusan ini, kita dapat menjadi seorang pustakawan dan admin perpustakaan. Selain memiliki prospek yang cerah, kita dapat pula menyalurkan hobi melalui jurusan satu ini.

Jurusan IPS bagi orang-orang yang kreatif, berjiwa seni tinggi dan memiliki banyak ide baru, jurusan desain produk menjadi tempat bernaung yang tepat. Jika ada pertanyaan seputar desain produk yang kita pakai dalam sehari-hari, para lulusan desain produklah yang melakukannya. Lulusan jurusan desain produk kelak dapat menjadi seorang product design researcher dan enterpreneurial product designer.

Jurusan desain grafis juga banyak disukai oleh para lulusan IPS. Jurusan ini mempelajari mengenai ilmu desain. Desain yang disampaikan dapat menyampaikan sebuah pesan bagi penikmatnya menjadi tujuan dari para mahasiswa jurusan desain grafis. Pada saat menempuh pendidikan, kita akan dilatih membuat pekerjaan yang berkaitan dengan gambar digital. Logo, banner dan iklan menjadi hasil pekerjaan yang dibuat oleh lulusan jurusan desain grafis. Prospek kerja dari lulusan jurusan ini adalah menjadi tim kreatif perusahaan, desainer dan branding.

Akuntansi menjadi jurusan menjanjikan dan banyak dipilih oleh mereka yang telah lulus dari sekolah menengah. Jika kita memperhatikannya dengan baik, universitas di Indonesia memiliki passing grade yang tinggi untuk jurusan akuntansi. Hal ini dapat terjadi lantaran jurusan akuntansi dapat memberikan hasil yang baik di masa depan. Menjadi akuntan, auditor, marketing dan manajer merupakan prospek yang dapat diraih oleh lulusan akuntansi