Kegunaan Maupun Efek Samping Dari Kateter Jantung

Kegunaan Maupun Efek Samping Dari Kateter Jantung

Jika kita membahas mengenai jantung tentunya banyak hal bisa kita pelajari. Dimana kali ini kita bakalan mengulas terkait kateter jantung. Perlu anda ketahui jika kateterisasi jantung merupakan sebuah tindakan medis dengan tujuan mampu tegakkan diagnosis sekaligus melakukan perbaikan kelainan pada jantung. Prosedur tersebut dilakukan hanya dengan memasukkan selang berukuran kecil nan elastis yang disebut dengan kateter menuju bagian pembuluh darah besar.

Beberapa bagian yang kini  mampu diperiksa lewat kateterisasi jantung yakni katup jantung, otot jantung sekaligus pembuluh darah jantung. Prosedur yang ditempuh tentunya dilakukan oleh para tenaga professional dibidangnya. Tindakan kateterisasi jantung memang bertujuan untuk tegakkan diagnosis. Berbagai macam permasalahan jantung yang bisa diperiksa melalui kateterisasi jantung di antaranya:

  1. Tentukan lokasi sumbatan yang ada pada pembuluh darah jantung.
  2. Melakukan pengukuran tekanan maupun kadar oksigen dalam setiap rongga jantung.
  3. Menyaksikan kelainan yang ada pada katup jantung.
  4. Mengetahui berapa daya pompa jantung.
  5. Mampu lakukan sebuah tindakan biopsy yakni pengambilan sampel jaringan jantung.
  6. Memberikan diagnose tentang kelainan jantung.

Tindakan medis melalui sebuah metode kateterisasi jantung

Kesehatan jantung memang harus selalu terjaga supaya kita terhindar dari beragam penyakit jantung. Lantas apa jadinya jika terjadi kelainan pada jantung kita. Sebetulnya sudah tersedia berbagai macam tindakan medis guna melakukan perbaikan kelainan jantung. Jika anda penasaran sebaiknya simak ulasannya berikut:

  • Melakukan tindakan angioplasty

Tindakan medis yang satu ini berguna untuk mengembangkan sekali memasukkan balon tipis dibagian dalam lubang pembuluh darah tersumbat. Sebetulnya terapi ini sifatnya hanyalah sementara saja supaya diameter pembuluh darah yang menyempit bisa semakin luas. Dengan adanya penambahan ring  jantung maka pembuluh darah pun semakin membaik.

  • Menutup adanya kebocoran jantung

Kini penutupan lubang pada bagian dinding yang sudah membatasi ringga jantung terbilang lebih aman dengan kateter jantung jika kita bandingkan tindakan operasi jantung.

  • Melakukan perbaikan katup jantung rusak

Selang kateter konon bisa memberikan bantuan dalam melakukan perbaikan katup jantung agar nantinya tidak menutup secara sempurna. Bisa juga dengan mengganti katup jantung yang sudah rusak dengan katup baru.

Mengetahui prosedur dari kateterisasi jantung

Tindakan medis yang satu ini memang perlu dilakukan hanya di rumah sakit bersama tim dokter sekaligus perawat professional. Mungkin banyak yang merasa penasaran akan prosedurnya. Jadi simak saja penjelasan berikut:

  1. Sebelum tindakan tersebut dilakukan biasanya perawat bakalan memasangkan infus ke pembuluh darah vena guna memasukkan obat penenang. Selama tindakan nantinya pasien tetap saja sadar namun tidak merasakan cemas.
  2. Perawat bakalan membersihkan sekaligus mencukur daerah dimana tempat dimasukkannya selang kateter untuk pertama kalinya dengan jarum.
  3. Obat anestesi lokal bakalan diberikan dimana tempat suntikan jarumnya.
  4. Suntikannya bisa dilakukan pada pembuluh darah besar lalu dimasukkan selang kateter. Ujung selang kateter sudah dilengkapi adanya kamera jadi perjalanan selang kateter bisa terpantau oleh monitor. Apalagi bagian ujungnya juga tersedia peralatan medis.
  5. Ketika tindakan kateterisasi jantung tadi selesai maka selang kateter pun bisa dikeluarkan dari bagian pembuluh darah.

Alangkah baiknya saat tindakan tersebut tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman selama kurang lebih 6 jam. Jadi nantinya lambung bisa kosong dan komplikasi ketika mempergunakan obat anestesi pun berkurang. Usahakan untuk menghentikan obat pengencer darah yang bisa menimbulkan efek samping pengenceran darah. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika memang berkeinginan mengkonsumsi obat lainnya.

Semoga saja tindakan kateterisasi jantung bisa berjalan lancar tanpa sebuah hambatan. Jadi nantinya kondisi jantung semakin membaik. Proses pemulihan setelah dilakukannya tindakan pada umumnya terbilang cepat bahkan resiko komplikasinya juga rendah. Adapun beberapa kemungkinan efek samping yang bisa terjadi saat tindakan kateterisasi jantung yakni:

  • Adanya luka memar maupun bengkak yang berada pada tempat selang kateter tadi dimasukkan.
  • Terjadinya pendarahan.
  • Bisa terjadi serangan jantung.
  • Terjadinya stroke.
  • Trauma terjadi pada bagian jantung yang tadinya terlewati oleh selang kateter.
  • Irama jantung pun menjadi tidak teratur.
  • Reaksi mual maupun alergi biasanya terjadi saat menyaksikan bagian jantung sekaligus pembuluh darah.
  • Terbentuk adanya bekuan darah.
  • Kerusakan ginjal jika kateterisasi mempergunakan zat warna yang kontras.

Dengan adanya penjelasan sekilas mengenai kateterisasi jantung ini semoga memperluas pengetahuan anda. Jangan sampai terjadi kelainan pada jantung hingga nantinya harus dilakukan tindakan medis seperti kateterisasi jantung. Biasanya alat yang dipergunakan pun sangatlah canggih. Usahakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jadi nantinya anda bisa mengerti segala prosedur maupun efek samping yang hadir setelah dilakukan tindakan medis tersebut.

Menjaga kondisi kesehatan jantung memang penting. Inilah mengapa penggunaan dr laser sangatlah berguna untuk mencegah adanya serangan jantung. Siapapun orangnya tentu saja berkeinginan mempunyai jantung sehat sehingga bisa beraktivitas normal seperti biasanya. Sekilas penjelasan terkait tindakan medis kateterisasi jantung membuat kita semakin paham tentang bab tersebut. Apalagi kehadiran teknologi modern telah terbukti mampu selamatkan banyak orang.