Lebih Cepat Sampai, Yuk Simak 7 Tips Kirim Mobil Pakai Jasa Kargo

Lebih Cepat Sampai, Yuk Simak 7 Tips Kirim Mobil Pakai Jasa Kargo

Ketika memutuskan pindah ke kota lain yang jaraknya lebih jauh, anda pasti membutuhkan penyedia jasa pindahan. Mengingat jumlah barang yang diangkut sangat banyak, tidak mungkin menggunakan tenaga sendiri. Selain perabotan anda juga memerlukan jasa kirim mobil, dan memastikan mobil tiba dengan aman. Oleh karena itu anda perlu mensortir informasi terkait penyedia jasa, dan mempertimbangkan beberapa tips dibawah ini.

Mencari Penyedia Jasa yang Aman dan Terpercaya

  1. Catat Kelengkapan Barang dalam Mobil

Anda perlu mencatat seluruh kelengkapan fitur mobil, lalu cek kondisi masing-masing fitur. Tindakan preventif tersebut dimaksudkan, agar tidak terjadi salah paham antara kedua pihak. Menghindari kehilangan salah satu fitur mobil, dan meminta pertanggung jawaban. Karena tidak selamanya pekerjaan baik-baik saja, khawatirnya ada kelalaian dalam bertugas. Jadi catatan tersebut untuk memudahkan anda, dalam melakukan pengecekan jika mobil sudah tiba.

Amankan semua barang pribadi yang sekiranya berharga, seperti laptop hingga perhiasaan. Untuk menghindari kasus kehilangan yang berujung saling menuduh, dengan pihak penyedia jasa. Jangan lewatkan untuk memfoto bagian ekstrior mobil, pastikan hasil jepretan tidak ada yang terlewat. Tujuannya untuk membandingkan kondisi mobil, dari sebelum diangkut dengan mobil saat sampai tempat tujuan. Jika ada kerusakan anda bisa langsung ajukan komplain.

  1. Periksa Kondisi Mesin Mobil

Ketika lokasi pindah jauh sampai harus menyebrangi pulau, maka anda perlu memastikan kondisi mesin baik. Mulai dari keadaan karburator hingga bagian mesin-mesin lainnya, jangan sampai mogok di tengah perjalanan. Karena penyedia jasa kirim mobil akan menempuh perjalanan dalam waktu lama. Belum lagi kondisi jalan yang berliku dan berlubang, jadi sebelumnya harus memastikan mesin punya peforma yang baik.

Pihak penyedia jasa akan memastikan kondisi mesin diawal perjumpaan, tapi tindakan itu tidak cukup. Anda juga perlu memastikannya sendiri, untuk meghindari adanya kerusakan. Mengingat tidak ada pekerjaan yang baik-baik saja, pasti ada kekeliruan dalam bertugas nantinya. Jika hal tersebut terjadi anda bisa mengajukan komplain, kepada perusahaan jasa. Sehingga masalah dapat ditindaklanjuti lebih cepat, dan terselesaikan dengan baik.

  1. Fasilitas Ekspedisi Memadai

Setiap ekspedisi memiliki kapasitas jangkauan yang berbeda-beda, tergantung dari lokasi pengiriman. Jika lokasi tujuan berada di luar pulau, maka memerlukan layanan ekspedisi yang memiliki fasilitas lebih. Misalkan ekspedisi surabaya untuk pengantaran mobil antar kota, hingga berbeda pulau. Maka anda perlu melakukan pemeriksaan jangkauan, yang berguna untuk menyesuaikan prosedur pengiriman.

Pilih penyedia jasa yang memiliki fasilitas lengkap, untuk kebutuhan pengiriman mobil dengan cepat. Salah satunya fitur tracking untuk melacak status pengiriman, dengan menggunakan nomer resi. Anda juga dapat mengecek tarif kirim mobil, untuk mengetahui biaya pengiriman sampai tempat tujuan. Selain itu periksa juga apakah ekspedisi memiliki jaminan asuransi atau tidak.

  1. Memilih Jenis Transportasi

Biasanya penyedia jasa menyediakan 4 jenis transportasi pengiriman yaitu car carrier, towing, container, dan self-driver. Jenis car carrier merupakan layanan pengiriman mobil, dengan beberapa mobil dikumpulkan menjadi satu truk besar. Towing adalah jasa pengantaran mobil menggunakan satu truk, tidak dicampur dengan mobil orang lain. Sedangkan container dikhususkan untuk konsumen, yang mengirim mobil hingga antar pulau.

Pemilihan transportasi berguna untuk keutuhan mobil, karena hendak menempuh perjalanan jauh. Menghindari mobil rusak dan lecet agar tidak menambah anggaran, yang tidak terduga. Lebih baik menambah biaya pengiriman, supaya mobil sampai lokasi tujuan dengan selamat. Biasanya kirim mobil antar provinsi atau beda pulau, resiko terjadi kerusakan sangat tinggi. Maka pastikan memilih jasa yang memiliki transporasi memadai.

  1. Pastikan Layanan Tepat Jadwal dan Budget

Jika ingin mendapatkan biaya layanan yang murah, cobalah jasa pengiriman port to port. Atau jenis layanan anti ribet seperti door to door, dan mengirim mobil langsung ke tempat tujuan. Lihat dulu kondisi anggaran yang anda punya, sebelum memilih jenis pengiriman yang digunakan. Carilah informasi sedetail mungkin supaya tidak salah pilih, dan justru merugikan anda.

Pada waktu tertentu layanan ekspedisi akan mendapatkan konsumen belebihan. Biasanya menjelang hari lebaran dan akhir tahun, permintaan layanan akan melonjak drastis. Bagi anda yang hendak memakai jasa, lebih baik menghindari waktu-waktu tersebut. Dengan kondisi overload shipping, dikhawatrikan ekspedisi tidak responsif. Jadi layanan kirim mobil pun terhambat, dan kurang memperhatikan kualitas layanan.

  1. Pilih Ekspedisi Terpercaya

Gunakan jasa ekspedisi yang mempunyai resputasi baik, sehingga layanan yang diberikan memuaskan. Anda bisa menilai dari keberadaan jaminan asuransi, boleh browsing di internet atau bertanya langsung ke penyedia layanan. Jika ekspedisi sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi, bisa dipastikan akan menawarkan harga yang lebih murah. Anda bisa mempercayakan mobil kepada pihak ekspedisi, adanya jaminan asuransi membawa kelegaan tersendiri.

Usahakan detail pada surat jalan pengiriman mobil, terisi sesuai dengan kondisi mobil. Menghindari terjadinya perbedaan pandangan, saat proses pemerikasaan barang di pelabuhan. Dengan surat tersebut anda memiliki bukti otentik, semisal ada kerusakan pada mobil. Jangan lupa menyalin surat jalan tersebut untuk pegangan, ketika kesalahan kerja terjadi anda bisa langsung ajukan komplain.

  1. Mendampingi Petugas Ekspedisi

Pada saat kirim mobil anda disarankan untuk mendampingi si petugas, mulai proses bongkar muat hingga pengiriman. Pendampingan ini dilakukan agar memastikan mobil berangkat, dalam kondisi aman. Anda pun jauh lebih tenang melihat keutuhan mobil, sebelum dikirim ke lokasi tujuan. Nantinya memudahkan anda untuk mengecek bagian mana yang masih utuh, dan mana yang lecet.

Selain itu anda mendapat kesempatan untuk berkenalan, dengan penanggung jawab pengiriman mobil. Setidaknya anda bisa bertukar informasi mengenai jadwal kirim dan tibanya, serta lokasi pengiriman. Dengan begitu anda lebih lega untuk mempercayakan pengiriman, karena sudah mengenal siapa penanggung jawabnya. Apabila ada kejanggalan saat pengantaran atau kondisi mobil, anda bisa langsung ajukan komplain ke pihak bersangkutan.

Menggunakan jasa kargo untuk pengiriman mobil, akan sangat anda butuhkan nanti. Apalagi ketika diharuskan pindah rumah, ke luar pulau yang jarak tempuhnya jauh. Tidak mungkin jika anda memlih untuk mengendarainya sendrian. Maka dari itu jasa pengantaran mobil ini diperlukan, jadi tidak perlu kerepotan. Tinggal menghubungi penyedia jasa lalu membuat kesepakatan.