Tips Latihan Microsoft Word untuk Pemula

Tips Latihan Microsoft Word untuk Pemula

Aplikasi pengolah kata yang familiar dipakai oleh kebanyakan orang adalah Microsoft Word. Apalagi di era saat ini hampir semua sektor pekerjaan memanfaatkan kemajuan teknologi, mengharuskan kita semua mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu teknologi, salah satu diantaranya adalah menggunakan Microsoft word. Anda dapat berlatih menggunakan word yang mana merupakan bagian dari Microsoft Office 365.

Namun, hal demikian akan terasa sulit bagi orang yang belum pernah menggunakan Microsoft Word sama sekali. Karena aplikasi ini berfungsi sebagai pengolah kata, berarti anda akan berurusan dengan semua hal yang berbentuk kata, kalimat, maupun paragraf. Bagi pemula, ada kiat – kiat yang bisa anda lakukan untuk berlatih Microsoft Word , berikut caranya :

Mengatur Page Setup dan Margin

Untuk latihan awal, mengatur Page Setup dapat membantu membentuk halaman ketika kita akan membuat dokumen. Untuk mengaturnya, gunakan satuan yang diatur menjadi centimeter. Dalam mengatur ukuran halaman atau dokumen, terdapat istilah yang dinamakan Margin, yang mana kita bisa mengatur berapa jarak yang akan dibutuhkan dari ujung halaman sampai isi dokumennya.

Margin dapat diatur di 4 tempat, yaitu margin atas, margin kiri, margin kanan, serta margin bawah semuanya bisa diatur. Berdasarkan bawaan, margin – margin tersebut mempunyai ukuran sebesar 2,54 cm pada setiap sisinya. Tergantung dari jenis dokumen yang akan anda buat, biasanya kita akan diminta untuk mengatur margin dahulu sebelum mulai membuatnya.

Untuk mengubah ukuran yang terdapat pada margin, silakan klik tab “Layout” dan klik pada icon kecil di samping tulisan “Page Setup”; kemudian pada bagian margin, silakan pilih bagian mana yang ingin diubah ukurannya; selain itu, anda juga bisa mengatur orientasinya, apakah memanjang (potrait) maupun melebar (landscape), apabila sudah, tinggal klik “OK”.

Selain ukuran pada margin, kita juga dapat mengatur jenis kertas yang digunakan. Kita perlu mengatur ini karena harus di sesuaikan saat hendak mencetak dokumen. Tentu hal itu bisa diatur belakangan dan tidak perlu harus diatur sekarang. Cara mengubahnya, silakan klik tab “Paper” dan silahkan anda pilih jenis kertasnya di bagian “Paper Size”.

Mengelola Paragraf

Cara yang kedua yaitu dengan berlatih mengelola paragraf. Paragraf sendiri merupakan sebuah blok yang berisikan beberapa kalimat dan berfungsi untuk memberikan jeda baca, sehingga mempermudah orang yang membaca dokumen.

Saat anda mulai mengetik, maka anda mengetik di bagian paragraf pertama. Untuk membuat paragraf yang baru, cukup tekan enter di keyboard dan mulailah mengetik untuk paragraf kedua.

Sedangkan untuk mengatur paragrafnya, klik sekali pada bagian paragraf yang ingin diubah. Berikutnya, klik pada tab “Home” dan klik icon kecil disamping kanan tulisan “Paragraph”; anda dapat memilih alignment untuk mengatur arah tulisan paragraf tersebut. Indentation berguna dalam memberikan jarak paragraf mulai margin kiri hingga kanan. Apabila anda ingin menambahkan indent hanya pada baris pertama saja, gunakan “First line” dan anda dapat mengatur berapa jarak indent-nya. Spacing dipakai untuk mengatur jarak sebelum paragraf dan setelah paragraf. Terakhir, klik “OK” apabila sudah selesai.

Menggunakan Page Break

Cara ketiga yakni dengan berlatih menggunakan page break. Microsoft Word secara otomatis akan membuat halaman yang baru ketika halaman pertama anda sudah tidak cukup untuk menampung tulisan di dokumen anda. Tetapi terkadang ketika kita membuat dokumen, seringkali ingin membuat halaman baru meskipun di halaman sebelumnya masih ada tempat menulis.

Cukup banyak orang yang sudah lama memakai Microsoft Word namun belum bisa caranya membuat halaman baru dengan cara yang tepat. Banyak orang melakukannya dengan menekan tombol enter berkali – kali apabila masih tersisa jarak di halaman lama untuk membuat halaman yang baru. Hal ini merupakan cara yang kurang tepat.

Cara yang benar  yakni dengan menekan tab “Insert”, selanjutnya klik bagian “Pages” dan klik “Page Break”. Melalui cara ini, anda tidak perlu khawatir lagi ketika tiba – tiba anda menambah tulisan di halaman sebelumnya. Word secara otomatis akan mengisi ruang yang kosong tanpa perlu mengganggu tulisan setelahnya.

Menggunakan Header Footer Word

Berikutnya, anda bisa berlatih dengan menggunakan Header dan Footer, anda bisa melakukan hal itu dengan klik tab “Insert”; kemudian pilih antara header atau footer; selanjutnya pilih gaya yang anda inginkan. Dengan memakai Header dan Footer, penulis bisa menambahkan juga nomor halaman dengan sangat mudah. Saat anda membuat halaman baru, tentunya nomor halaman juga akan tertulis secara otomatis. Selain Header dan Footer, anda juga bisa dengan klik “Page Number” untuk memilih nomor halaman yang lebih sederhana tampilannya.

Menambahkan Gambar ke Word

Selanjutnya berlatih menambahkan gambar di word yang sangat mudah dilakukan. Penulis bisa langsung klik dan geser gambar dari File Explorer ke Microsoft Word. Atau, bisa juga dengan mengklik tab “Insert” dan klik “Pictures” agar dapat memasukkan gambar.

Supaya anda lancar dalam berlatih Microsoft word yang merupakan bagian dari Microsoft Office 365 ini, maka diperlukan latihan berulang serta semangat yang tinggi untuk belajar dan mengeksplor lebih dalam.