Lezat dan Ekonomis, Berikut 3 Makanan Khas Ambon yang Wajib Anda Ketahui

Lezat dan Ekonomis, Berikut 3 Makanan Khas Ambon yang Wajib Anda Ketahui

 

Ambon merupakan salah satu daerah wisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, kota manis tersebut juga memiliki berbagai macam makanan khas.

Makanan daerah tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan cocok di lidah siapapun yang mencicipinya. Kuliner ini juga dijual dengan harga yang pas dikantong wisatawan yang sedang berlibur.

Tak heran jika banyak turis yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan traveling. Adapun beberapa makanan khas Ambon yang bisa anda temukan jika berkunjung ke tanah Maluku. Simak ulasannya berikut.

Nasi Lapola dengan Parutan Kelapa Murni

Kuliner asli daerah merupakan hal yang tidak boleh anda lewatkan saat berlibur ke suatu tempat. Karena, makanan-makanan tersebut tidak akan anda temukan di daerah lain.

Indonesia sendiri memiliki banyak makanan khas di setiap provinsi, dimana kuliner tersebut menjadi sumber keuangan bagi masyarakat asli di daerah tersebut.

Salah satu makanan berat yang berasal dari tanah Maluku, yakni nasi lapola. Nasi tersebut dibuat dari beras putih yang dikukus dengan kelapa parut dan kacang tolo.

Kacang tolo atau tunggak merupakan kacang yang masih satu jenis dengan kacang panjang, bentuknya mirip dengan kacang polong. Selain rasanya yang gurih, kacang ini juga mengandung protein nabati.

Adanya kandungan protein menjadikan makanan khas Ambon ini sehat untuk dikonsumsi. Nasi tersebut sering disajikan dengan kuliner lain seperti sambal colo-colo dan kohu-kohu (olahan sayur dan ikan).

Cara membuatnya sangat mudah, anda hanya perlu memasak beras dengan tambahan daun jeruk dan garam secukupnya. Kemudian, masukkan kacang tolo dan kelapa parut lalu kukus hingga matang.

Hidangan Ikan Komu Asar Beraroma Khas

Jika anda merupakan pecinta kuliner dengan bahan dasar ikan, menu yang satu ini bisa menjadi pilihan ketika anda berkunjung ke kota Tropis Maluku.

Ikan komu asar terbuat dari ikan-ikan yang berasal dari famili Scombridae, seperti ikan tuna, tongkol, dan cakalang. Kriteria ikan yang dipilih yakni yang memiliki tekstur daging padat.

Untuk mengolah menu yang satu ini, ikan dibersihkan dan dibelah dua. Kemudian ditusuk dengan bambu lalu diasap, dimana teknik tersebut menjadi ciri kuliner satu ini.

Ikan diasap dengan posisi diagonal selama kurang lebih 1 jam, adapula ikan komu asar yang diasap selama 4 hingga 5 jam dalam ruang tertutup. Sehingga asap benar-benar meresap ke dalam daging.

Setelah matang, makanan khas Ambon ini akan terasa lebih lezat jika dikonsumsi bersama nasi hangat dan sambal khas Ambon yakni colo-colo (campuran cabe, air jeruk nipis, dan kecap yang).

Ikan tersebut juga bertahan lama hingga 1 sampai 2 minggu karena proses pengasapan yang dilakukan, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke rumah.

Kuliner Nasi Kelapa Gurih

Satu lagi menu khas dari ibu kota Maluku yang terbuat dari beras yakni nasi kelapa. Menu yang satu ini merupakan perpanduan antara beras dan santan kelapa.

Perpaduan kedua bahan tersebut menghasilkan cita rasa yang gurih dan sedikit asin saat anda mencobanya. Rasa nasi ini mirip dengan nasi uduk, tetapi aromanya berbeda.

Karena, nasi kelapa menggunakan daun pandan, sehingga ketika matang tercium aroma khas pandan yang harum. Jika nasi uduk biasa dimakan bersama tempe dan tahu, maka lain halnya dengan nasi ini.

Nasi kelapa lebih nikmat disajikan bersama terasi kelapa, yakni hidangan yang dibuat dari kelapa parut yang dicampur bawang merah, perasan jeruk limau, dan cabe.

Adapun tambahan lain seperti perkedel udang, ikan asin, dan sambal colo-colo. Sehingga, anda akan merasakan sensasi rasa gurih, asin, dan pedas dari kombinasi makanan tersebut.

Tidak jarang juga, masyarakat kota Maluku menyantap makanan khas Ambon ini bersama ikan bakar yang dibuat dari ikan Kawalinya atau ikan Lema. Ikan tersebut juga merupakan ikan lokal yang hidup di laut Maluku.

Itulah 3 makanan khas yang berasal dari kota Ambon yang dapat anda cicipi. Kuliner tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan wajib anda coba ketika berkunjung ke tanah Maluku ini.

Jika anda tertarik dengan informasi seputar kuliner khas dari daerah lainnya, anda dapat mengunjungi situs https://tabbayun.com/ yang memiliki berbagai informasi menarik dan bermanfaat.