Bagaimana Cara Membuat Google Drive Berfungsi?

Bagaimana Cara Membuat Google Drive Berfungsi?

Walaupun telah banyak digunakan, ternyata banyak pihak yang tidak memahami cara menggunakan google drive. Akhirnya, google drive yang dimiliki tidak dimanfaatkan dan menganggur menjadi pajangan di handphone. Padahal google drive daat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti menyimpan file dan berbagi file dalam ukuran besar. Penasaran dengan cara membuat google drive berfungsi? Anda dapat melakukannya, setelah pahami cara kerjanya dengan lengkap.

Google drive sebenarnya dapat digunakan dengan mudah. Tapi, karena kekurangan pengetahuan, cara memanfaatkannya dinilai rumit. Keinginan untuk mempelajarinya pun semakin menurun, karena anggapan harus membuat akun baru untuk memanfaatkannya. Nyatanya tidak demikian, setelah memiliki akun gmail, anda dapat memanfaatkan semua fitur yang ada didalamnya. Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Nantikan jawabannya sesaat lagi.

Fitur Lengkap Google Drive

Banyak fitur yang diberikan oleh google drive untuk pengguna. Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, utamanya untuk pekerjaan. Fitur yang dimaksud, dapat disimak di sini,

  1. Membuka File

Fitur menarik dari google drive yang utama adalah anda dapat membuka file dari manapun. Catatan, gadget yang digunakan terkoneksi dengan ponsel, tablet maupun komputer. Data dapat diakses dengan internet dan dapat dibuka dengan mudah. Tidak peduli apapun jenis datanya, semua dapat dibuka dengan google drive.

pexels.com
  1. Menyimpan File

Siapa yang mengatakan jika layanan google drive berbayar? Layanannya gratis untuk penyimpanan sebesar 15 GB. Untuk penyimpanan lanjutan, barulah akan dikenakan biaya tambahan. Layanan ini dikenal sebagai layanan premium, sehingga mendapatkan ruang penyimpanan lebih besar. Semua jenis file dapat disimpan didalamnya.

  1. Berbagi File

Satu lagi fitur yang dimilikinya adalah berbagai file dan folder. Pada umumnya, aplikasi lain hanya dapat berbagi file, namun google drive mengizinkan anda untuk berbagi folder. Tidak perlu membuat lampiran terlalu banyak, cukup tekan folder yang dimaksud. Setelahnya, data akan terkirim dan dapat didownload oleh penerima.

  1. Download File

Google drive dalam beberapa kesempatan dimanfaatkan sebagai media berbagi. Di sinilah terdapat banyak file yang dapat didownload dan disimpan di media lain. Kebanyakan file yang tersimpan berupa film ataupun video. Karena ukuran film dan video cukup besar, tidak heran jika google drive dan linknya banyak diselipkan dalam blog maupun website.

  1. Membuat Slide

Saat anda terkendala dengan laptop, tidak ada salahnya memanfaatkan fitur slide dalam google drive. Fitur ini tersedia, setelah pengguna berhasil masuk dalam google drive dan dapat menemukannya pada menu my drive. Proses membuatnya mudah, serta terdapat template yang dapat digunakan, untuk mempercantik slide yang akan digunakan.

  1. Google Drawing

Bosan dengan aktivitas yang ada? Cobalah untuk memanfaatkan google drawing yang tersedia di google drive. Untuk memanfaatkannya, caranya sama dengan membuat slide dalam google drive. Tidak hanya dibuat, nantinya file dapat disimpan dan dibagikan sebagaimana file yang telah dibuat dengan aplikasi lainnya.

  1. Google Sheets

Berikunya terdapat google sheets yang dapat dimanfaatkan untuk membuat file seperti excel. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh para pekerja yang diharuskan mengerjakan pekerjaan kantor dalam waktu mendesak. Semua fitur ini akan didapatkan secara gratis, setelah anda login. Namun jika belum memiliki akun gmail, maka langkah-langkah di bagian selanjutnya.

pexels.com

Bagaimana Cara Membuat Google Drive Akun?

Cara membuat akun untuk google drive tidaklah terlalu rumit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang tersedia dibawah ini dan mempraktikannya untuk membuat google drive berfungsi,

  1. Link Google Drive

Langkah awal yang harus dijalankan adalah membuka link google drive. Adapun link yang dimaksud adalah google.com/drive/. Maka setelahnya anda telah masuk dalam tampilan awal google drive. Di sinilah terdapat beberapa pilihan untuk membuat akun dan login. Untuk pilihan yang tersedia adalah akun personal dan business.

  1. Pilih Akun

Akun personal merupakan akun yang dapat digunakan khusus personal. Anda akan mendapatkan 15 GB ruang penyimpanan, yang akan didapat secara gratis. Sedangkan akun bisnis dibutuhkan untuk keperluan bisnis dan membutuhkan pembayaran untuk digunakan. Pilihlah mana akun yang dibutuhkan, kemudian sesuaikan dengan ruang penyimpanan yang ada.

  1. Login

Saat anda telah memiliki akun gmail maka proses selanjutnya adalah memasukan file. Namun saat belum memilikinya, maka buatlah akun terlebih dahulu. Sehingga proses berikutnya dapat dilanjutkan dengan lancar. Sementara untuk proses memasukkan file dapat disimak lebih jelas dalam regendus.com. Lengkap dengan ulasan terkait google drive yang lainnya.

  1. Upload Folder

Selain file, anda dapat memasukkan folder dalam google drive. Cara uploadnya tidak jauh berbeda denga file, di mana cukup mencari folder yang akan dimasukkan dalam handphone ataupun laptop. Tunggu selama beberapa saat, hingga proses upload selesai dan sesuaikan pengaturan. Jika akan berbagi, buat pengaturan untuk berbagi dan sebaliknya.

Begitulah langkah-langkah yang dapat dijadikan pedoman untuk menggunakan google drive. Cara membuat google drive aktif di atas, tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Jadi, tidak lagi alasan untuk tidak memanfaatkannya. Karena berbagai fitur yang tersedia dari google drive cukup beragam dan sangat bermanfaat untuk pekerjaan-pekerjaan mendadak.