Mudah Diterapkan, Yuk Simak Tips Memilih Model Rak Perkakas Dapur Dari Kayu

Mudah Diterapkan, Yuk Simak Tips Memilih Model Rak Perkakas Dapur Dari Kayu

Rak dengan bahan kayu dewasa ini menjadi sangat populer. Hal ini dikarenakan, semua interior ruangan dapur jika dipadukan dengan kayu akan menimbulkan kesan yang lebih hangat. Rak bahan kayu sendiri terbagi menjadi berbagai jenis, diantaranya ialah minimalis, compact, partisi, dan lain lain. Namun, perlu diketahui, penggunaan kayu untuk model rak perkakas dapur memiliki kekurangan yang sangat signifikan. Untuk menghindarinya, simak tips pilih desain kayu berikut.

Tips Dan Cara Memilih Rak Tepat Untuk Percantik Perkakas Di Dapur

  1. Menyesuaikan Ukuran Rak Dengan Barang Dapur Yang Akan Disimpan

Sebelum menentukan rak penyimpanan dapur berbahan kayu, ada baiknya untuk mengetahui ukuran peralatan barang dapur terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar ukuran rak sesuai dengan ukuran peralatan dapur. Jika ukuran rak lebih kecil dari jumlah atau ukuran barang barang dapur, maka rak tersebut tidak memiliki fungsi penyimpanan yang efisien. Justru, ruangan dapur anda akan terlihat lebih sesak.

Sebaliknya, jika anda memilih rak penyimpanan dengan ukuran yang lebih besar dari perabot dapur, kemungkinan sisa ruangan dalam furnitur tersebut akan menimbulkan kesan sesak yang terlalu dipaksakan. Akibat dari sisa ruang dalam rak penyimpanan, anda mungkin akan menambahkan beberapa barang untuk mengisi kekosongan dalam rak. Sehingga, ruangan dapur akan menjadi lebih sempit dan tidak tertata dari posisi sebelumnya.

  1. Memastikan Tinggi Rak Kayu Sesuai Tujuan Penggunaan

Dikarenakan fungsi rak untuk menyimpan perkakas dan perabot dapur, maka anda harus memperhatikan tinggi furnitur tersebut dengan menyesuaikan tujuannya. Pilihlah rak kayu dengan ukuran Standard. Maksudnya, furnitur tersebut tidak memiliki tinggi yang berlebihan dan juga tidak memiliki kerendahan yang berlebihan. Sesuaikan saja dengan keinginan anda, karena tujuannya ialah untuk memudahkan anda menjangkau barang barang tersebut.

Rak yang pendek juga bisa menjadi pilihan yang sangat fungsional. Rak tersebut biasanya difungsikan sebagai partisi atau pemisah ruangan. Bagi anda yang memiliki ruang dapur sempit, bisa memilih model rak perkakas dapur fungsional. Selain digunakan sebagai pemisah ruangan, rak pendek juga semakin memudahkan anda untuk menjangkau peralatan dapur agar lebih mudah saat akan digunakan. Pilihlah kayu dengan ketebalan yang cukup tinggi agar semakin awet.

  1. Memilih Kayu Yang Bisa Dilipat

Bagi anda yang memiliki ruangan dapur mungil, bisa memilih konsep kayu fungsional yang bisa dilipat. Kayu tersebut akan sangat berguna bagi anda dalam mengakali tampilan dapur yang sempit. Pasalnya, rak kayu dengan desain yang bisa dilipat bisa memudahkan anda untuk meletakkannya di area dapur manapun. Ketika sedang tidak digunakan, rak tersebut bisa disimpan dengan mudah. Hal tersebut menjadikan tampilan ruang dapur anda nampak luas.

Rak kayu yang bisa dilipat cenderung memiliki desain unik dan menarik. Anda bisa mengkreasikannya sebagai pelengkap tema ruangan dapur. Misalnya, jika ruang dapur anda mengusung tema klasik atau vintage, bisa membuat desain rak kayu dengan menambahkan ornamen kuno. Sebagai contoh, anda bisa menambahkan perabotan lama yang diletakkan di rak kayu tersebut. Anda juga bisa bermain warna cat vintage dengan dominasi warna pastel.

  1. Rak Kayu Yang Mudah Di rakit

Biasanya, ketika membeli rak kayu mereka akan memberikan bagian terpisah yang harus dirakit. Hal tersebut dikarenakan, rak kayu dalam kondisi yang sudah dirakit akan menyulitkan proses pengiriman. Masalahnya, banyak sekali pilihan rak kayu dapur yang tidak mudah dirakit. Oleh karenanya, penting bagi anda untuk memilah rak kayu yang memiliki kemudahan ketika dirakit. Tujuannya adalah agar anda tidak kesusahan saat akan memasang rak tersebut.

Ketika membeli rak kayu, biasanya pemilik toko akan menyertakan sekrup atau paku. Anda hanya perlu menyediakan obeng atau palu sebagai alat pelengkap untuk merakit model rak perkakas dapur tersebut. Untuk merakitnya terkadang memakan waktu yang sangat lama. Namun, anda tidak perlu khawatir. Selama anda mengikuti  instruksi atau petunjuk yang sudah disediakan, rak tersebut akan terakit dengan sempurna. Pastikan anda mengecek ulasan produk yang ingin dibeli.

  1. Memilih Kayu Ganda

Untuk membuat rak yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan optimal, terdapat alternatif yang bisa anda pilih. Jika dibandingkan dengan kayu solid berharga mahal, anda bisa menggunakan kayu jenis multipleks atau MDF yang disusun dan ditumpuk dengan tebal. Jenis kayu tersebut memiliki harga yang lebih murah, namun kualitasnya masih sangat baik. Anda bisa meletakkan perkakas dapur dengan beban berat tinggi pada rak kayu MDF.

Namun sayangnya, rak kayu tersebut memiliki daya tahan yang lebih rendah jika dibanding dengan kayu solid. Hal ini dikarenakan, selembar kayu multipleks terbuat dari komposisi kayu yang bisa dikatakan memiliki kualitas yang rendah. Untuk menyiasati hal tersebut, anda bisa menambahkan lapisan tersebut dengan jumlah minimal 4 lapis multipleks. Melalui cara tersebut, rak kayu anda akan memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

  1. Pilih Rak Kayu Yang Sesuai Dengan Tema Ruangan Dapur

Menyesuaikan rak kayu dengan tema dapur juga merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Tujuannya adalah agar tampilan dapur tidak terkesan dipaksakan. Hal tersebut juga erat kaitannya dengan nilai kecocokan dan keserasian tampilan dapur. Jika ruangan dapur anda bergaya modern, maka gunakan rak kayu dengan tampilan yang juga modern. Anda juga perlu untuk menyesuaikan warna rak dengan warna dasar ruangan dapur.

Harmonisasi ruangan bisa nampak jika anda pandai mengelola dan menata ruangan dapur tersebut. Misalnya, model rak perkakas dapur klasik akan kurang cocok jika ditempatkan di dapur dengan gaya bernuansa kekinian. Jika rak memiliki gaya yang minimalis, hal tersebut akan sangat sesuai untuk ruangan dapur yang bergaya modern. Kuncinya terletak pada penataan ruangan dan pemilihan gaya rak yang sesuai.

Setelah menyimak spice rack ideas di ulasan tersebut, kini anda bisa memutuskan penggunaan kayu apa yang cocok untuk tampilan dapur. Jenis kayu yang beragam memunculkan berbagai inovasi rak perabot dapur dengan gaya klasik hingga modern. Untuk mendapatkan hasil tampilan ruangan yang lebih menarik, anda bisa memadu padankan warna dasar ruangan dengan rak perabot dapur. Pilih juga warna lembut yang bisa menghadirkan kesan cantik.