Waspadai Penggunaannya, Berikut Bahaya Propolis Cair Bagi Penderita Alergi

 

Selain memproduksi madu, ternyata lebah juga menghasilkan beberapa senyawa yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa tersebut dikenal dengan sebutan propolis yang memiliki segudang manfaat. Tetapi dalam penggunaannya juga bisa mengakibatkan efek samping untuk sebagian orang. Lantas apa saja bahaya propolis cair bagi penderita alergi dan penyakit lainnya? Simak ulasan berikut.

Mengenal Kandungan yang Ada di dalam Propolis

Pada dasarnya, propolis merupakan sebuah cairan berupa getah yang dikumpulkan lebah madu dari berbagai sumber. Getah ini berasal dari sumber botani, bermacam pohon yang digunakan untuk memperbaiki celah sarangnya. Sebelum teknologi berkembang dan semakin modern, banyak yang tidak menduga manfaat yang terkandung dalam propolis.

Propolis dapat ditemukan dalam berbagai macam varian, mulai dari kapsul, minuman royal jelly, maupun bentuk suplemen oral. Selain itu, penggunaan dari propolis juga bisa diaplikasikan dalam bentuk salep maupun krim. Lalu, apa saja kandungan yang dimiliki oleh cairan propolis sehingga bisa ditemukan dalam beberapa bentuk?

Seperti halnya madu, propolis juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia untuk memperbaiki beberapa jaringan dalam tubuh. Akan tetapi kandungan propolis yang paling banyak yaitu polifenol. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai antioksidan yang mengatasi kerusakan dalam tubuh.

Namun, secara umum propolis memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa dirasakan. Terdapat beberapa indikasi kesehatan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi propolis. Salah satu yang paling simpel yaitu menyembuhkan luka melepuh di area bibir. Cara pengaplikasiannya pun hanya perlu dioleskan pada bagian yang melepuh.

Pada dasarnya, komposisi propolis dalam berbagai bentuk tidak selalu sama. Sebab, kandungan propolis ditentukan oleh jenis pohon dan lokasi lebah di suatu negara. Hal inilah yang membuat para ahli dibidangnya menyimpulkan manfaat spesifik dari penggunaan kesehatan tubuh. Bisa saja hal ini tidak cocok bagi penderita penyakit tertentu karena senyawa bahaya propolis cair.

Propolis yang sudah diaplikasikan pada area bibir akan mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Selain itu, propolis juga dikenal memiliki efek antioksidan dan inflamasi. Pasalnya, propolis ini bekerja sebagai antibiotik alami untuk membantu meningkatkan sistem daya imun tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ saja, anti inflamasinya juga bermanfaat untuk digunakan sebagai obat kumur. Sehingga jika digunakan akan mempercepat penyembuhan pasien yang menjalani bedah mulut. Untuk memanfaatkan efek anti inflamasi, propolis bagus dikonsumsi bagi anda yang ingin mempertahankan kesehatan tubuh.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, propolis juga memiliki kandungan yang baik untuk kecantikan. Salah satu yang paling ampuh digunakan sebagai kecantikan yaitu untuk mengatasi jerawat. Propolis sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki masalah jerawat cukup parah. Terlebih jika anda yang memiliki kulit sensitif.

Bahan alami yang ada di propolis bisa bermanfaat untuk mengatasi wajah berjerawat karena dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah tersebut. Tidak hanya itu saja, kandungan antiseptiknya juga bermanfaat untuk meredakan jerawat meradang dan kulit yang teriritasi.

Untuk mengaplikasikannya anda hanya perlu mengoleskannya pada kulit wajah yang terdapat jerawat. Cara kerja propolis untuk menangani masalah tersebut yaitu dengan mengembalikan lapisan kulit yang mengalami kerusakan akibat peradangan jerawat. Kandungan mineralnya juga dapat berguna membangun kembali sel kulit mati.

Selain itu, antioksidan dalam propolis juga dapat bermanfaat untuk melawan oksidan seperti polusi dan UV. Sehingga jika anda menggunakan propolis secara rutin, maka akan terlindung jauh lebih lama. Bukan hanya itu saja, sebab propolis juga memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk menghilangkan noda hitam wajah dan mencerahkan kulit.

Tetap Waspada dan Berhati hati Untuk Menggunakan Propolis

Seperti yang sudah anda tahu, bahwa banyak sekali manfaat yang terkandung dalam propolis. Meski begitu, anda juga harus berhati hati dalam penggunaannya. Terlebih jika anda merupakan salah satu penderita asma, bahaya propolis cair semakin terlihat jelas. Beberapa ahli berpendapat bahwa sejumlah bahan kimia yang terkandung dalam propolis membuat kondisi penderita asma akan semakin buruk.

Hal ini juga berlaku bagi anda yang memiliki alergi terhadap produk lebah. Akan lebih baik jika tidak menggunakan propolis untuk mengatasi masalah kesehatan atau sekedar menjaga daya imun tubuh. Justru hal tersebut akan berbanding terbalik dan membuat alergi kambuh hingga menyebabkan komplikasi lainnya yang membahayakan kesehatan anda.

Selain itu, bagi anda mengidap penyakit atau gangguan perdarahan, ada baiknya juga berhati hati pada penggunaan konsumsi propolis. Pasalnya, senyawa kimia dalam propolis kemungkinan memperlambat proses pembekuan darah. Maka dari itu, sebaiknya propolis tidak dikonsumsi sekitar dua minggu sebelum tindakan bedah atau operasi.

Penggunaan propolis juga harus diwaspadai bagi ibu hamil atau yang sedang menyusui. Akan lebih baik jika menghindari penggunaannya karena beberapa penelitian masih belum membuktikan secara valid. Sehingga masih dipertanyakan keamanannya jika digunakan bagi ibu yang sedang menyusui atau ibu hamil.

Apabila anda ingin mengonsumsi propolis untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, akan lebih baik jika mengkonsultasikan nya terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda. Hal ii bertujuan agar menghindari efek samping jika mengonsumsi propolis. Apalagi bagi anda yang memiliki penyakit tertentu atau kondisi kesehatan tertentu yang wajib mewaspadai beberapa kandungan.

Selain itu, jika anda termasuk orang yang cocok dengan konsumsi bahan alami, maka sebaiknya memilih propolis yang tepat, seperti produk British Propolis. Pasalnya, produk yang satu ini sudah terdaftar di BPOM dan terjamin keamanannya apabila dikonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan atau sekedar menjaga daya imun tubuh.

Seperti yang sudah anda tahu, bahwa banyak sekali manfaat yang terkandung dalam propolis. Meskipun begitu, anda juga harus berhati hati bahaya propolis cair bagi kesehatan karena mengandung beberapa senyawa kimia. Akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu kondisi yang sedang anda alami sebelum mengonsumsinya.

Itulah beberapa ulasan mengenai kandungan yang ada di propolis. Terdapat beberapa senyawa kimia yang sebagian ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Akan tetapi jika digunakan pada penderita tertentu seperti alergi, asma, maka sebaiknya berhati hati mengonsumsinya. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil, menyusui, dan juga penderita penyakit tertentu.