Bolehkah Bayi Mandi Jam 6 Pagi dan Apa yang Perlu Diperhatikan?

Aktivitas baru pasca melahirkan ialah mengurus serta menjaga buah hati. Tugas ini tentu saja bukan hanya tanggung jawab ibu. Ayah juga perlu memastikan semua kondisi berada dalam keadaan baik. Terutama untuk memastikan suasana hati pasangan. Itu kenapa suami siaga sangat diperlukan dan menjadi prioritas di masa transisi tersebut. Hal tersersebut terjadi karena hampir semua orang percaya bahwa merawat anak bukan sesuatu yang mudah. Memperlukan mental serta kesabaran diluar batas.

Bagaimanapun Anda membesarkan makhluk kecil yang belum melakukan apapun. Sehingga orang tua wajib membantu ia mempelajarinya satu persatu. Mulai dari makan, minum, berjalan, sampai dengan membersihkan badan. Semua aktivitas ini memiliki detail yang cukup kompleks. Terutama untuk bayi yang masih rentang akan berbagai gangguan kesehatan. Kenyataan ini mengharuskan Anda memperhatikan asupan, waktu mandi, sekaligus proses istirahat. Pertanyaan yang kemudian muncu apakah boleh bayi mandi jam 6 pagi?

Sejauh ini belum ada sumber yang menyatakan tentang larangan melakukannya. Mereka hanya menyebutkan untuk memperhatikan kondisi serta kesiapan bayi. Memastikan suhu air telah sesuai dengan kebutuhan bayi. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi keterkejutan bagi terhadap air bersuhu normal. Pasalnya, kulit bayi berbeda dari lapisan epidermis orang dewasa. Banyak para ahli yang juga menambahkan untuk orang tua membiasakan bayi berjemur.

Kegiatan semacam ini sebaiknya dilakukan sebelum ia dimandikan. Sedangkan hal lain yang perlu diperhatikan adalah hindari memandikan bayi setelah makan. Kondisi itu untuk menghindari si kecil muntah akibat tekanan yang dilakukan. Lakukan proses mandi dengan cepat dan efektif. Anda harus memastikan semua bagian tubuh bersih. Tanpa harus mengulur waktu karena bayi biasa saja kedinginan.

Setelah itu, barulah berikan ASI padanya. Bagian yang juga harus dibersihkan secara hati-hati ialah tali pusar. Percayalah aktivitas ini akan sangat menyenangkan ketika dilakukan bersama. Anda tidak perlu khawatir karena prosesnya tidak serumit itu. Sampai pada titik dimana orang tua akan terharu melihat tumbuh kembang si kecil.