Cara Edit Video Cinematic di Kinemaster Dengan Mudah Dan Tepat

Anda ingin membuat video tetapi bingung bagaimana caranya. Video yang bagu membutuhkan skill editing terbaik. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir mengenai software. Semuanya bisa dilakukan di smartphone dengan aplikasi Kinemaster.

Namun, Anda menginginkan video tersebut adalah cinematic. Ini adalah istilah yang diberikan kepada video dengan kualitas film. Ketika menonton film dan video secara umum bahkan klip musik, Anda bisa membedakan semuanya. Film terkesan lebih halus dengan audio dan pengambilan gambar yang profesional. Beberapa video di website juga memiliki level ini. Tentu saja, proses editing memerlukan waktu dan skill.

Editing Video di Aplikasi Kinemaster

Sebenarnya, Anda dapat mengedit hingga mendapatkan kualitas tersebut di Kinemaster. Filehippo akan memberikan cara dan tips untuk mewujudkan tujuan tersebut. Ada dua tiga hal agar proyek seperti ini selesai dengan baik. Anda menyiapkan konten, aplikasi Kinemaster, dan teknik editing. Bagian pertama adalah persiapan dan simak uraian berikut ini.

  • Merekam Konten

Semuanya berawal dari merekam video atau konten utama. Anda membutuhkan peralatan yang  mumpuni sehingga kualitas gambar cukup untuk diolah. Sekarang, penggunaan smartphone sudah cukup untuk pengambilan. Yang terpenting adalah kualitas dari konten untuk diedit sudah bagus dahulu. Editing akan membuatnya lebih baik.

  • Audio dan Musik

Kinemaster memiliki fitur untuk menambah layer seperti musik dan audio. Anda sebaiknya menyiapkan musik, audio, dan hal lain terkait suara secara mandiri. Kinemaster nanti akan menyediakan fitur untuk editing lebih lanjut.

  • Efek, Tulisan, Font, Stiker, dan Tambahan Lain

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan fitur dari Kinemaster terkait efek, tulisan, dan lainnya. Akan tetapi video dengan level cinematic membutuhkan fitur penunjang yang memang sudah dipersiapkan oleh editor. Anda tinggal melakukan edit tanpa harus mencari kembali file yang dibutuhkan. Di Kinemaster, editing video hanya fokus ke konten yang tersedia. Anda bisa saja menambahkan selama proses berlangsung, selama tidak mengganggu pekerjaan utama.

Cara Editing Video di Kinemaster

Cara editing video agar menghasilkan kualitas setara film bukan hal sulit. Kinemaster memiliki present, transisi, stiker, dan blending termasuk klip yang bisa membuat video lebih bagus. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan prosedur berikut ini.

1. Install Aplikasi

Kinemaster tersedia secara gratis. Anda bisa mengunduh dan install langsung di app store perangkat masing-masing. Pihak developer menawarkan fitur premium dimana pengguna wajib membayar. Untuk permulaan, Anda cukup versi gratis. Jika sudah yakin membutuhkan lebih banyak fitur, Anda bisa melakukan upgrade ke versi berbayar.

2. Persiapan

Layar kerja Kinemaster segera terbuka. Bagi mereka yang sudah terbiasa editing video di komputer, tampilan tersebut sangat familiar. Perlu Anda ketahui, layout untuk aplikasi dan software untuk editing video cenderung sama. Perbedaannya hanya pada fitur dan layanan pendukung. Di bagian persiapan, Anda cek media dan semua konten untuk video sudah tersedia.

3. Editing per Konten

Anda ambil file tersebut satu per satu lalu tempatkan di layer berbeda jika tipe file berbeda. Andan menempatkan video, sticker, tex, dan audio di layer-layer yang saling berurutan dari atas hingga bawah. Akan tetapi, semuanya berada di timeline yang sama. Ketika satu video sudah cukup, Anda tambahkan lagi video selanjutnya di timeline berikutnya. Lakukan hal yang sama untuk setiap konten agar berada di posisi yang diinginkan.

Proses editing membutuhkan waktu jika video berdurasi sangat panjang. Selain itu, pengguna wajib mengecek setiap pergerakan timeline dari awal hingga akhir. Ketika dalam mode play, mereka melihat langsung bagaimana video akan bekerja. Agar sesuai dengan level cinematic, Anda menambahkan efek, transisi, dan pengaturan cahaya. Selain itu, audio juga diatur sehingga lebih jernih tidak berisik. Anda juga bisa mengatur time lapse lalu zoom ke bagian tertentu serta fade in dan out seperti film yang memfokuskan kamera ke titik tertentu.

4. Tahap Akhir

Tahap akhir adalah memastikan semua file di posisinya. Setelah itu, pilih cara menyimpan atau langsung di render. Kinemaster memberikan fitur share untuk video yang baru saja selesai. Apabila masih ingin melanjutkan, Anda cukup keluar dan kembali lagi. File di Kinemaster tersebut adalah konten mentah kecuali sudah dikonversi ke bentuk video yang tidak bisa dilakukan editing.

Lebih Lanjut Tentang Editing Video

Anda memiliki smartphone dan sudah ada Kinemaster. Meskipun tampak mudah, aplikasi ini menyimpan fitur-fitur khusus di setiap layer. Misalkan memilih konten foto atau gambar lalu bagian atas kanan memberikan opsi. Anda bisa mengubah gambar tersebut dengan fitur posisi, ukuran,efek, transisi, dan lainnya.

Dari penjelasan tersebut, pengguna membutuhkan ide dan rencana yang matang ketika ingin hasil editing berkualitas. Anda bisa saja ubah sana sini selama editing. Akan tetapi, proses ini sangat lama dan tidak efektif. Editor berpengalaman sudah mengetahui apa yang mereka harus lakukan. Kinemaster hanya sebatas tool sehingga pekerjaan harus efisien dengan hasil optimal dan maksima.

Jika memang membutuhkan preset dan fitur lebih banyak, Anda sebaiknya memilih versi premium, Kinemaster menawarkan harga berlangganan yang terjangkau untuk semua pengguna.