Upaya Pencegahan dan Cara Membasmi Rayap Tanah yang Efektif

Rayap menjadi salah satu serangga yang cukup merepotkan. Ketika ada perabotan berbahan dasar kayu di dalam atau sekitar rumah, rayap akan menjadi musuh yang cukup menjengkelkan. Hal ini karena rayap bisa dengan mudah merusak kayu tersebut, sehingga perabotan pun tidak akan bisa bertahan lama. Dengan kondisi seperti ini, tentu saja pencegahan dan cara mengatasi rayap tersebut sangatlah diperlukan.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa digunakan. Salah satu yang pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan             memberikan ventilasi dan akses masuk sinar matahari ke dalam rumah. Rayap memiliki habitat di area yang lembab dan cenderung basah. Dengan adanya ventilasi, sirkulasi udara di dalam ruangan akan menjadi jauh lebih baik. Hal ini akan mencegah area-area yang lembab di dalam ruangan, sehingga rayap pun tidak bisa mendapatkan habitat atau tempat hidupnya. Hal ini akan menjadi jauh lebih baik lagi ketika di dalam rumah tersebut ada akses masuk untuk sinar matahari. Paparan sinar matahari juga sangat dihindari oleh rayap. Selain itu, ini juga sekaligus mengatasi masalah kelembapan di dalam ruangan. Dengan memperbanyak ventilasi dan akses sinar matahari ke dalam rumah, ini bisa menjadi cara ampuh pertama untuk membasmi rayap, walau cara ini memang bisa dibilang cara yang tidak langsung.

Selain area lembap, rayap juga sangat menyukai genangan air. Dalam hal ini, lingkungan hidup rayap memang menyerupai nyamuk. Dengan semakin banyaknya genangan air di sekitar rumah, ini akan memberikan lingkungan yang kondusif bagi rayap untuk berkembang biak. Oleh karena itu, mengurangi dan mencegah area genangan air akan sangat diperlukan. Hal ini menjadi sangat penting khususnya ketika musim hujan. Bila anda memiliki pekarangan yang cukup luas, ada baiknya bila anda selalu mengecek dan memastikan bahwa tidak ada area yang bisa tergenang air dalam durasi yang lama. Selain itu, akan lebih baik bila memiliki area penampungan air dan saluran pembuangan air, sehingga air hujan tidak secara bebas membasahi area pekarangan rumah anda.

Masih berkisar tentang lingkungan rumah anda, ada baiknya bila anda mengecek kondisi taman dan pekarangan anda. Bila di sana banyak cabang pohon dan tumpukan kayu yang tidak terpakai, ada baiknya bila anda merapikan dan langsung membakar atau membersihkannya. Kayu dan ranting dalam keadaan basah atau lembap akan menjadi sumber perkembangbiakan rayap. Oleh karena itu, sekiranya anda juga memiliki kayu yang memang sengaja disimpan, anda perlu memastikan dan sering mengecek kayu tersebut, agar jangan sampai rayap sudah terlebih dahulu menyusup dan merusak kayu anda. Untuk tumpukan kayu dan cabang yang berserakan, anda bisa segera membuang atau membakarnya.

Secara berkala, menjemur perabot yang berbahan kayu juga sangat diperlukan. Kegiatan ini akan memastikan bahwa kayu yang ada di perabot tersebut tidaklah lembab dan lapuk. Selain itu, ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengecek area sekitar rumah dan lokasi perabot tersebut. Sekiranya ditemukan area retakan atau tanda-tanda munculnya rayap, langkah pembasmian bisa segera dilakukan, sehingga rayap pun tidak sempat merusak perabot rumah.

Untuk pembasmian secara langsung, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu yang bisa digunakan adalah pembasmi serangga. Karena rayap ini termasuk dalam kategori serangga, obat anti serangga menjadi salah satu cara ampuh untuk membasmi dan mengusir rayap dari area rumah anda. Anda bisa memilih obat yang berbentuk serbuk ataupun cairan. Obat ini bisa digunakan secara langsung di area perabotan yang sudah terserang rayap. Dengan demikian, rayap pun bisa dibasmi.

Selain obat pembasmi serangga, kapur barus juga bisa digunakan. Kapur barus memiiki kandungan bahan kimia yang sangat tidak disukai dan bisa berbahaya bagi rayap. Dengan meletakkan kapur barus di area perabotan kayu dandi dalam perabotan tersebut, rayap pun bisa terganggu dan ini cukup efektif untuk membasmi rayap-rayap yang ada. Aroma kuat dari kapur barus ini juga bisa mengusir rayap yang ada di sekitar perabotan anda.

Selain aroma dari kapur barus, ada bahan alami yang juga bisa digunakan. Dalam hal ini, daun kemangi bisa menjadi solusi yang tepat. Daun yang biasanya menjadi pendamping lalapan ketika makan ini ternyata juga sangat efektif untuk mengusir dan memberantas rayap. Aroma yang kuat dari daun ini mampu mengusir rayap. Hanya saja, daun ini tidak bertahan lama karena bisa dengan mudah layu, dan arumanya akan segera memudar. Oleh karena itu, ini hanya bisa digunakan dalam durasi yang relatif singkat dibandingkan dengan kapur barus.

Solusi yang ada tersebut bisa meniadi jawaban untuk mengatasi dan melakukan pencegahan rayap. Namun, ketika anda ingin benar-benar membasmi dan membersihkan rumah anda dari hama rayap ini, akan jauh lebih baik bila anda mencari jasa anti rayap. Ini bisa memberikan solusi yang lebih tepat karena rayap bisa dibasmi secara lebih efektif dan semua area pun bisa dipastikan bebas dari rayap. Tim yang sudah berpengalaman dan peralatan yang memadai akan memungkinkan penyedia jasa ini untuk memastikan bahwa rayap bisa dibasmi, dan langkap pencegahan pun bisa dilakukan.