Tips Memilih Developer Apartemen di Surabaya

Pixabay.com

Sebagai solusi atas keterbatasan lahan, apartemen menjadi hunian yang sedang banyak dicari akhir-akhir ini. Hal ini juga membuat banyak developer properti berlomba-lomba membangun apartemen, termasuk di Surabaya, salah satu kota metropolitan di Indonesia.

Mencari apartemen yang sesuai kebutuhan perlu diikuti dengan mencari tahu reputasi pengembangnya sebab ada beberapa kasus jual beli apartemen yang berakhir dengan kurang menyenangkan. Ada pembeli yang tertipu oleh pengembang hingga harus berurusan di meja hijau. Agar investasi apartemen yang akan Anda lakukan aman, simak tips memilih developer apartemen di Surabaya berikut ini.

Tips Memilih Developer Apartemen di Surabaya Terpercaya

Banyaknya pengembang properti di Indonesia membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam memilihnya. Berikut ini beberapa tips memilih developer apartemen di Surabaya yang terpercaya.

  1. Periksa Reputasinya

Periksalah bagaimana sepak terjang pengembang apartemen dalam membangun hunian, apakah sukses atau justru banyak yang mangkrak. Anda dapat memeriksa reputasinya dari berbagai sumber, mulai dari pemberitaan hingga dari informasi asosiasi resminya.

Berhati-hatilah, jangan sampai Anda terjebak membeli apartemen dari developer yang tidak profesional. Selain merugikan, tentu saja uang yang niatnya untuk diinvestasikan akan melayang sia-sia karena hal tersebut.

  1. Periksa Perizinan

Pastikan pula Anda tahu bagaimana perizinan pengembang apartemen tersebut. Sesuai UU No.1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pasal 42 ayat 2, pengembang boleh melakukan pemasaran properti jika telah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan.

Jadi, pastikan Anda mengecek perizinannya. Apabila pengembang belum bisa menunjukkan surat izin tersebut, sebaiknya Anda mencari alternatif lain. Tanpa perizinan yang jelas, dikhawatirkan kekuatan hukum apartemen yang Anda beli menjadi lemah dan berisiko besar di masa mendatang.

  1. Cek Kondisi Fisik Apartemen

Cek baik-baik kondisi fisik apartemen. Sebaiknya cari apartemen yang sudah ada unitnya. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui gambaran pastinya. Apabila masih berupa lahan dan masih dalam tahap pembangunan, setidaknya pihak pengembang memberikan contoh unit yang sudah jadi.

Apabila Anda sudah membayar DP dan apartemen masih dalam tahap pembangunan, jangan bosan-bosan untuk mengecek progres pembangunannya. Jika terlalu lama dan mundur dari jadwal, sebaiknya segera hubungi pihak pengembang.

  1. Waspadai Promosi Berlebihan

Jangan buru-buru tergiur dengan promosi yang menarik. Untuk menarik pembeli, beberapa developer memang menawarkan promo tertentu, mulai dari potongan cicilan, diskon, bonus, dan masih banyak lagi.

Apabila promo yang ditawarkan masih masuk akal, Anda bisa mempertimbangkannya. Tetapi jika bonusnya terlalu besar, jangan buru-buru percaya. Cek terlebih dahulu sampai benar-benar yakin.

  1. Cek Mekanisme Pembayaran

Pengembang yang terpercaya biasanya akan memberikan mekanisme pembayaran yang mudah. Pastikan Anda memilih developer apartemen di Surabaya yang memudahkan pelanggannya dalam melakukan pembayaran, baik itu sistem cash maupun cicilan tanpa bunga.

Apabila dari sistem pembayarannya saja sudah sangat rumit dan memberatkan, sebaiknya Anda mencari apartemen lain yang lebih simpel mekanismenya. Hal ini bertujuan agar urusan Anda menjadi lebih mudah dan ringkas ketika hendak membeli hunian vertikal ini.

Tips Membeli Apartemen Secara Aman

Agar uang yang Anda alokasikan untuk membeli apartemen tidak menguap sia-sia, pastikan Anda membelinya secara aman dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Berikut tips membeli apartemen secara aman.

  1. Beli Apartemen yang Sudah Siap Huni

Untuk meminimalisir berbagai kemungkinan buruk, sebaiknya belilah apartemen yang sudah siap huni. Beberapa pengembang memang menerapkan kebijakan indent untuk unit apartemen yang mereka tawarkan. Tidak masalah jika tidak keberatan dengan sistem tersebut. Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda membeli unit yang sudah jadi saja.

  1. Pelajari Sertifikat Bangunan

Selain mencari apartemen dari pengembang terpercaya, Anda harus mempelajari juga mengenai seluk-beluk sertifikat bangunan. Beberapa sertifikat apartemen yang perlu Anda ketahui antara lain Hak Guna Bangunan, Surat Izin Mendirikan Bangunan, hingga Sertifikat Surat Izin Penggunaan Penunjukan Tanah (SIPPT).

Perizinan tersebut kedudukannya sangat penting di mata hukum agar  apartemen yang akan Anda beli nantinya tidak berujung kepada persoalan serius. Pastikan Anda menanyakan tentang legalitasnya terlebih dahulu.

  1. Cek Biaya-Biaya Tambahannya

Telitilah terhadap biaya-biaya tambahan. Membeli maupun menyewa apartemen tidak sebatas pada membayar biaya pokoknya saja, tetapi juga harus memenuhi kewajiban lainnya, seperti biaya administrasi, iuran bulanan, iuran keamanan, parkir, dan masih banyak lagi. Pastikan biaya tambahannya tidak terlalu tinggi sehingga tidak memberatkan Anda nantinya.

Investasi apartemen bukanlah hal yang merugikan. Justru nilainya yang terus berkembang dari waktu ke waktu membuatnya cocok sebagai pilihan untuk mengamankan uang Anda. Namun, pastikan Anda memilih apartemen dari pengembang yang terpercaya.