Ekosistem hutan hujan tropis

Sebelum menjelaskan apa itu ekosistem hutan hujan tropis, perlu kiranya mengetahui lebih dahulu pengertian dari ekosistem dan apa itu hutan hujan tropis. Ekosistem ialah sebuah sistem ekologi / alamiah yang didalamnya terdapat hubungan timbal balik baik oleh fauna ataupun flora. Hubungan ini biasa disebut dengan rantai makanan.

Adapun hutan hujan tropis ialah lahan kawasan yang luas dan ditumbuhi oleh beraneka pepohonan beserta para satwa yang membentuk ekosistem didalamnya serta terletak di wilayah tropis.

Tropis sendiri merupakan penyebutan bagi suatu wilayah yang memiliki curah hujan tinggi namun sinar matahari tetap bisa mencapai kawasan tersebut. Akibatnya terciptalah iklim hangat dan lembab di dalam hutan.

Ciri khas ekosistem hutan hujan tropis

Sebab perbedaan geografis, ekosistem yang terdapat pada wilayah hutan hujan tropis berbeda dengan jenis hutan lainnya, misalnya seperti hutan musim. Berikut beberapa ciri khas dari ekosistem hutan ini;

Memiliki keanekaragaman hayati tinggi

Iklim tropis memang menjadi iklim yang sempurna bagi pertumbuhan makhluk hidup, tak terkecuali tumbuh tumbuhan hutan. Iklim tropis menyebabkan berbagai macam biji tumbuhan mudah mengeluarkan akar sehingga segera tumbuh dengan suburnya. Ragam jenis tumbuhan ini berasal dari pohon-pohon tinggi menjulang hingga tanaman menjalar.

Tanahnya tidak pernah kering

Disebabkan curah hujan yang sering serta udara lembab, tak mengherankan apabila permukaan tanah pada hutan hujan tropis tak pernah kering.

Bahkan ketika musim hujan datang, tanah berupa menjadi hilang daya serap menimbulkan banyak genangan air yang pada akhirnya menjadi habitat organisme baru.

Rantai makanan utuh

Dalam keadaan geografis yang nyaris sempurna, hutan hujan tropis dapat dikatakan mampu menyejahterakan seluruh organisme yang ada didalamnya. Kebutuhan makanan dapat terpenuhi dengan baik. Implikasi nya rantai makanan bisa tercipta secara utuh, mulai dari sinar matahari, produsen, konsumen 1, konsumen 2' konsumen 3, hingga pengurai.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai ekosistem hutan hujan tropis mencakup definisi dan ciri-ciri nya. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa untuk selalu menyimak artikel informatif lainnya.