Harga Anakan Burung Hantu

 

Walaupun burung hantu merupakan hewan liar yang sebaiknya dibiarkan hidup bebas di alam, namun kini burung hantu juga dijadikan sebagai hewan peliharaan. Sifat alami burung hantu yang liar membuat burung hantu peliharaan umumnya dibesarkan sejak kecil oleh pemiliknya sehingga resiko serangan burung hantu dapat dikurangi.

  1. Burung hantu celepuk

Secara umum, ada dua jenis burung hantu yang biasa dijadikan hewan peliharaan di Indonesia, salah satunya adalah burung hantu celepuk. Burung hantu celepuk merupakan burung hantu endemik yang dapat ditemukan di Indonesia. Bulu burung hantu ini umumnya berwarna cokelat dengan corak berwarna putih.

Burung hantu yang ukuran tubuhnya mini ini senang mencari makan di daerah pohon-pohon tua yang berlubang. Hewan kecil yang menjadi mangsa burung hantu celepuk adalah tikus, reptil, serangga dan burung kecil. Karena itulah burung hantu jenis ini sering dimanfaatkan oleh petani untuk membasmi hama di sawah.

  1. Burung hantu serak jawa

Selain burung hantu celepuk, ada satu lagi jenis burung hantu yang biasa dijadikan peliharaan di Indonesia, yaitu burung hantu serak jawa atau barn owl. Burung hantu yang memiliki nama latin Tyto alba ini adalah burung hantu yang wilayah penyebarannya sangat luas termasuk di Indonesia. Karena itulah wajar saja jika jenis burung hantu yang satu ini biasa dijadikan peliharaan.

Selain dapat dijadikan hewan peliharaan, burung hantu ini juga dikenal dengan kemampuan pendengarannya yang sangat tajam sehingga dapat menangkap mangsanya dalam kondisi gelap gulita sekalipun. Selain karena keberadaannya yang berlimpah di alam, kemampuan burung hantu ini dalam berburu juga dijadikan pertimbangan.

Sifat predator burung hantu ini dan kemampuannya dalam berburu membuat jenis burung hantu ini banyak diincar petani untuk dipelihara dan menjadi penjaga sawah untuk memburu hama tikus yang memangsa tanaman.

Untuk memelihara kedua jenis burung hantu di atas, Anda dapat membeli anak burung hantu untuk kemudian dirawat hingga besar. Harga anakan burung hantu celepuk dan burung hantu serak jawa sekitar 150 hingga 250 ribu rupiah.