Kenali Pantai Slili mulai dari Lokasi hingga Kegiatan yang Menarik

Apabila anda tengah mengunjungi Yogyakarta, alangkah baiknya untuk mengunjungi pantai yang bernama Slili. Hal ini agar anda dapat merasakan keindahan Yogyakarta dari sisi pantainya. Kawasan alamnya telah menarik banyak wisatawan lokal maupun asing. Selain itu, perlu juga mengetahui mengenai tempat ini lebih lengkap yang akan dijelaskan di bawah ini.

Rute Menuju Pantai di Gunung Kidul

Alamat dari pantai yang terletak di Gunung Kidul ini, menurut Suwatu.com ada di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Jarak tempuhnya dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 80 km atau menghabiskan waktu sekitar kurang lebih 2 jam. Anda bisa menuju ke lokasinya dari berbagai daerah. Jika dari Jogja, anda bisa menuju ke arah wonosari dan masuk Tepus.

Jalan untuk menuju ke Slili juga bisa menggunakan jalan Baron. Setelah sampai di pertigaan TPR, bisa belok ke arah kiri ke Kukup, Dirni, Sepanjang, dan berakhir ke Krakal sampai ke titik lokasi pantai. Jika dari arah Solo, anda bisa lewat melalui Wonogiri, Praci lalu belok kanan dan ikuti jalanan sampai di Tepus. Anda bisa menyesuaikan lokasi anda dengan rutenya.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan di Slili

  1. Menikmati Keindahan dan Suasana Pantai

Pasir pantai ini memang lembut dan halus. Ada juga banyak warung yang berjajar sambil menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman yang anda bisa nikmati. Anda dapat menyantapnya sambil melihat air laut biru dan ombak yang cantik. Ditambah lagi, jika sambil menyeruput es kelapa muda yang segar dan langsung dipetik dari pohonnya.

  1. Menaiki Bukit

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di pantai Slili adalah dengan mendaki sebuah bukit. Anda dapat berjalan ke sebelah timur pantai lalu anda tentunya akan mendapatkan sebuah bukit yang bisa anda daki. Setelah di atas bukit, anda akan disajikan dengan pesona elok pantai. Jangan lupa berfoto untuk mengabadikan momen spesial.

  1. Bermain Udang

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat penghasil udang yang banyak apalagi pada musim kemarau. Hal ini karena pada musim kemarau, ada banyak rumput laut yang terlihat sehingga mudah mencari udang yang tersembunyi dibaliknya. Udang-udang juga terselip di sela-sela karang dan pengunjung juga dapat membantu para warga lokal untuk menangkapnya.

Pesona serta Daya Tarik Lainnya yang Dimiliki oleh Slili sebagai Pantai

  1. Kuliner yang Khas

Ada berbagai macam tempat makan atau warung yang ada di belakang gazebo pantai. Warung-warung tersebut menyajikan berbagai jenis santapan yang rasanya menggoda. Namun, anda wajib waspada jika memilih tempat makan. Hal ini karena ada saja beberapa warung yang nakal pada saat musim lebaran, seperti mencopot daftar harga hingga menaikkan harga pada saat pembayaran.

  1. Pesta Laut

Sebagian besar warga lokal bekerja sebagai petani. Namun, jika musim kemarau tiba, mereka mendapatkan penghasilan tambahan dari udang yang dijual. Selain itu, ada juga rumput laut dan kerang. Setiap tahunnya, warga lokal mengadakan sebuah tradisi yang turun menurun. Tradisi ini bernama sadranan atau nyadran.

Tradisi nyadran yang pertama yaitu dilakukan dengan berkunjung ke makam. Sedangkan yang kedua yaitu mensyukuri atas pemberian Tuhan dan mengharapkan panen yang berlimpah. Dalam rangka menyambutnya, warga lokal menyiapkan berbagai macam kebutuhan seperti tumpeng.

Demikian informasi mengenai pantai Slili mulai dari lokasi, rute menuju lokasi, kegiatan, hingga daya tarik yang disajikan. Anda tentunya telah memahami apa saja yang anda harapkan dari pantai ini sebelum mengunjunginya. Untuk informasi lebih lengkap mengenainya, anda bisa mengunjungi situs suwastu.com agar lebih jelas dan mengetahui hal-hal dar pantai ini lainnya.