Penyebab Motor Matic Bergetar

 

Motor kamu sering mengalami masalah? Sering bergetar dan mengeluarkan bunyi? Artikel ini akan membahas mengenai penyebab motor matic berbunyi. Simak artikelnya hingga selesai bila kamu membutuhkan informasinya.

Motor adalah kendaraan yang yang seringkali mengalami banyak masalah, mulai dari masalah ringan hingga masalah berat. Namun seringan apapun masalahnya itu pasti akan sangat mengganggu kamu saat berkendara bukan?  Apalagi saat kamu berkendara menempuh jalan yang cukup jauh, kerusakan atau keganjilan sedikitpun pada motor itu pasti akan sangat mengganggu perjalananmu. Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu apakah motor kamu dapat berjalan normal atau tidak.

Jika motor berjalan tidak normal ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh kamu mengajarkan motormu terlebih dahulu ke bengkel, karena ditakutkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Apabila terjadi kerusakan pada motor mu tapi kamu tidak tahu kerusakan tersebut pada bagian mana.  Beberapa keganjilan motor sering terjadi saat kita berkendara salah satunya adalah motor yang bergetar.

Apakah kamu pernah merasakan getaran saat menggunakan motor matic, menggunakan motor matic memang seringkali dirasa tidak halus saat berkendara apalagi saat kita jarang menservis motor. Getaran motor dapat terjadi ke semua jenis motor namun getaran ini lebih sering terjadi untuk motor matic, getaran ini pasti akan sangat membuat kamu tidak nyaman bukan, apalagi bila getarannya sampai membuat motor terasa melompat-lompat.  Untuk dapat menangani getaran pada motor matic kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, untuk penyebab getaran motor matic artikel ini akan membahasnya sesuai dengan pengalaman yang banyak dirasakan oleh orang-orang.

Penyebab getaran pada motor matic

Berikut beberapa penyebab getaran pada  motor matic versi https://mamangbengkel.com/.

  1. Kotoran

Kampas motor yang kotor atau jarang dibersihkan dapat mengakibatkan motor matic bergetar saat dikendarai. Kampas motor bisa kotor apabila lingkungan yang sering kamu lintasi saat berkendara dari lingkungan yang berdebu sehingga debu-debu tersebut dapat masuk ke kampas motor dan akhirnya menyumbat kampas motor.

Kotoran di kampas motor ini dapat mempengaruhi kinerja kampas sehingga dapat mengakibatkan kampas ganda Jadi kurang gigit di bagian mangkok atau rumah kampas ganda.  Padahal seharusnya dengan memanfaatkan gaya Lontar kampas ganda dapat menekan mangkok kampas ganda yang akhirnya membuat motor berjalan secara normal. Adanya kotoran pada gambar janda dapat mempersulit dan mengendapkan grip sehingga gejala bergetar pada motor akan semakin sering terasa.

  1. Damper kampas ganda

Karet damper kampas ganda atau biasa juga disebut dengan clutch damper rubber ternyata juga bisa menjadi penyebab motor bergetar saat dikendarai. Karet damper berfungsi untuk menahan kampas ganda, bila karet damper ini sudah getas maka dapat mengakibatkan kampas ganda menjadi goyang. Saat kampas ganda goyang atau tidak lagi kencang kampas ganda tidak bisa lagi menyentuh rumah atau mangkok kopling sehingga motor jadi bergetar.

  1. Seal pulley belakang

Seal pully bagian belakang ternyata juga bisa bocor loh.  Kebocoran yang besar pada bagian pulley seringkali disebabkan karena pola yang sudah rusak atau mulai getas.  Saat sel puli belakang boleh rusak Maka motor kamu tidak dapat berjalan seperti biasanya atau tidak dapat berjalan normal.  Sehingga apabila seal pullay kamu sudah rusak sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru di bengkel terdekat.

Demikian artikel mengenai beberapa penyebab motor bergetar semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu.