Sering Terjadi, Yuk Intip Penyakit Mata Dan Gejalanya Di Sini

Pixabay.com

Kesehatan memang hal yang sangat mahal harganya karena mengobati tubuh yang sudah sakit memang cukup sulit. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa penyakit memang tidak memandang usia ataupun jenis kelamin, sehingga anda harus selalu waspada. Penyakit mata ini juga dapat menyerang siapa saja, yuk kenali gejalanya agar dapat ditangani sejak dini di bawah ini!

Penyakit yang Menyerang Mata dan Gejala Awalnya

  1. Glaukoma

Tahukah anda bahwa penyakit ini menjadi salah satu penyebab terbesar kebutaan yang dialami oleh manusia? Penyakit yang menyerang saraf optik mata ini sering kali tidak disadari karena gejala awalnya tidak muncul secara signifikan. Mata hanya akan mengalami tekanan yang terus meningkat dan terdapat titik titik kebutaan yang berkembang. Hal ini tidak akan terdeteksi jika saraf optik belum rusak parah dan tipsnya sebaiknya selalu rutin cek mata sejak dini.

  1. Katarak

Beberapa pasien katarak memang berusia senja yang diawali dengan tanda tanda lensa alami mata menjadi kabur. Penyebab utama penyakit mata, yaitu sering terpapar sinar matahari dan trauma yang membuat penyakit ini terjadi lebih cepat. Tanda tanda yang bisa diwaspadai, yaitu mata yang mulai kabur, silau atau ada lingkaran cahaya di lensa mata, sensitivitas kontras yang mulai hilang dan penglihatan anda menjadi ganda dalam satu mata.

  1. Konjungtivitis

Penyakit satu ini cukup sering terjadi dan namanya lebih populer disebut pink eye. Sakit mata jenis ini terjadi saat jaringan yang ada di atas bagian putih mata mengalami radang. Hal itu memicu mata anda berwarna merah jambu lalu timbul rasa gatal dan berair. Pandangan mata juga menjadi kabur karena kelopak mata menutup sedikit. Penyakit ini dapat menular jika anda berbagi handuk atau bantal dengan orang lain, sehingga harus selalu hati hati di tempat umum.

  1. Degenerasi Makula

Penyakit ini dinobatkan sebagai penyebab umum dari kebutaan yang dialami oleh sebagian besar orang AS. Bagian mata yang diserang adalah makula, daerah kecil yang ada di retina mata yang dapat membantu anda melihat secara jelas dan detail. Gejala yang timbul dari adanya penyakit mata ini tidak dapat dideteksi langsung, Oleh karena itu, sebaiknya selalu cek kondisi mata secara rutin dan jangan abaikan perubahan penglihatan yang anda rasakan.

Penyakit yang menyerang mata memang beragam dan beberapa di antaranya dapat memicu mata menjadi buta. Kebutaan ini yang menghambat anda dalam beraktivitas, tetapi hal itu dapat diatasi dengan menjaga kesehatan mata dan konsumsi makanan yang bergizi. Anda juga harus mengetahui segala perubahan penglihatan dan memeriksakannya dengan segera. Hal itu mampu memperkecil kemungkinan gangguan penglihatan pada mata. Semoga bermanfaat!