Ternyata Seperti Ini Cara Mengetahui Posisi Janin Dengan Meraba Perut

Pixabay.com

Pada saat usia kehamilan sudah mendekati masa persalinan, tidak sedikit orang yang khawatir mengenai posisi janin di dalam kandungan. Pasalnya posisi janin di dalam kandungan amat sangat menentukan bagaimana proses persalinan nantinya. Apabila posisi janin dalam posisi yang tidak menguntungkan maka sangat mungkin persalinan Caesar merupakan hal yang paling direkomendasikan, tetapi bila posisi janin bagus sesuai dengan yang sebagaimana mestinya maka tentu persalinan normal aman dilakukan.

Persalinan normal jelas merupakan hal yang begitu diharapkan oleh seorang wanita hamil, meski begitu bukan berarti persalinan Caesar merupakan sesuatu yang tabu. Untuk mempersiapkan bagaimana persalinan akan dilakukan nanti maka ada baiknya mengetahui dulu posisi si janin dalam kandungan, caranya yaitu dengan meraba perut seperti berikut.

  1. Siapkan peralatan pendukung

Untuk bisa mengetahui posisi janin dalam kandungan cukup dengan meraba perut maka terlebih dahulu siapkan peralatan pendukung. Peralatan yang dimaksud yaitu kasur datar, kertas besar dan tentu saja pulpen ataupun pensilnya.

  1. Berbaring di atas kasur datar

Apabila peralatan sudah siap, maka si ibu hamil tinggal berbaring saja di kasur datar yang sudah disiapkan. Bantalan pengganjal bisa juga digunakan untuk diletakkan pada bagian pinggul si ibu. Tekanlah sedikit perut yang sejajar dengan pinggul atas menggunakan jari. Jika dirasa ada sesuatu yang bentuknya bulat dan keras, hampir bisa dipastikan itu merupakan kepala bayi. Tetapi apabila yang terasa merupakan sesuatu yang terasa bulat nan lunak, kemungkinan itu merupakan pantat bayi.

  1. Tandai posisi janin

Setelah menemukan posisi kepala ataupun pantat bayi dalam kandungan, maka berikutnya tinggal menandainya di kertas yang sudah disediakan. Kertas tinggal diletakkan di atas perut sang ibu lalu seolah menjiplak, tandai posisi yang telah ditemukan berdasar poin 2 di atas.

Dengan cara di atas maka setidaknya orang tua dari si janin yang ada dalam kandungan sedikit banyak telah memiliki gambaran mengenai posisi janin itu sendiri. Meski tingkat akurasi cara ini tidak begitu tinggi tetapi masih cukup banyak kalangan ahli yang menggunakannya.