Sejarah Singkat Nabi Ismail AS Terkait Awal Mulanya Ibadah Kurban

Sejarah Singkat Nabi Ismail AS Terkait Awal Mulanya Ibadah Kurban

Peristiwa penting dari Nabi Ismail AS adalah munculnya ibadah kurban. Nabi Ismail AS memiliki ketaatan yang luar biasa hingga mampu menghadapi segala ujian yang diberikan Allah SWT. Nabi Ismail AS bisa diteladani oleh seluruh umat muslim di dunia. Hasana menjadi situs belajar islam yang bisa dimanfaatkan.

Nabi Ismail AS adalah putra dari Nabi Ibrahim AS. Setelah lahir Nabi Ismail AS, Nabi Ibrahim AS diperintahkan untuk membawa Nabi Ismail ASĀ  dan istrinya menuju Makkah dan meninggalkan anak dan istrinya disana. Kisah Nabi Ismail AS dimulai sejak kecil. Mukjizat – mukjizat diberikan Allah SWT kepada Nabi Ismail AS untuk bisa bertahan hidup hingga dirinya bisa tumbuh remaja.

Ujian Terbesar Nabi Ibrahim AS dan Putranya

Allah memberikan ujian kepasa Nabi Ibrahim mulai dari meninggalkan anak dan istrinya di Makkah hingga ujian untuk menyembelih anaknya sendiri. Ujian yang diberikan oleh Nabi Ibrahim tersebut tentu cukup berat untuk dijalankan. Namun karena perintah tersebut datang langsung dari Allah SWT membuat Nabi Ibrahim menjalankan perintahnya dengan sabar.

Ujian terbesar yang harus dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan anaknya adalah ujian untuk menyembelih anaknya sendiri. Sebagai orang tua, Nabi Ibrahim AS tidak tega jika harus meyembelih putranya sendiri. Namun karena ketaatan baik Nabi Ibrahim maupun anaknya terhadap perintah Allah SWT maka perintah tersebut dilaksanakan. Peristiwa menyembelih anaknya sendiri tersebut menjadi peristiwa dibalik ibadah kurban.

Asal Mula Ibadah Kurban

Setelah Nabi Ismail AS tumbuh remaja, Nabi Ibrahim AS mendapatkan sebuah petunjuk melalui mimpi. Petunjuk mimpi tersebut mengharuskan Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail AS. Setelah mendapatkan mimpi tersebut Nabi Ibrahim AS langsung menuju tempat anaknya Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim AS menyampaikan isi mimpinya yang mendapat perintah menyembelih anaknya. Mendengar hal tersebut dari ayahnya membuat Nabi Ismail AS langsung menyetujui petunjuk dari mimpi tersebut.

Tibalah saat dimana Nabi Ibrahim menyembelih anaknya. Tidak tega melihat anaknya akan disembelih Nabi Ibrahim menutup wajah putarnya menggunakan kain. Nabi Ibrahim dan putranya menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Dalam waktu yang bersamaan Allah SWT mengganti Nabi Islamil menjadi seekor kambing. Sehingga saat itu seekor kambing berukuran besar yang dikurbankan bukan putranya. Peristiwa inilah yang menjadi awal mulanya ibadah kurban.

Hingga saat ini ibadah kurban selalu diperingati oleh umat muslim diseluruh dunia. Selain menjadi awal dari kemunculan ibadah kurban, peristiwa tersebut juga menjadi awal ibadah haji. Peristiwa ini mampu menjadi keteladanan para umat muslim untuk taat kepada Allah SWT. Mengetahui sejarah para nabi menjadi hal penting untuk seluruh umat muslim di dunia.