Struktur Organisasi Fungsional Beserta Manfaatnya

Struktur Organisasi Fungsional Beserta Manfaatnya

Didalam sebuah perusahaan, sangatlah penting untuk memiliki struktur organisasi perusahaan supaya memudahkan koordinasi dalam mencapai target perusahaan. Selain itu struktur juga dapat mempermudah operasional perusahaan. Struktur organisasi perusahaan biasanya dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu struktur organisasi fungsional, divisional, dan juga matrix. Struktur organisasi fungsional adalah salah satu yang paling populer dan sudah digunakan dalam berbagai perusahaan di Indonesia. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa struktur organisasi fungsional merupakan struktur organisasi yang terdiri dari orang – orang dengan kemampuan serta keterampilan, yang sama, untuk melakukan tugas – tugas yang sama juga, yang kemudian dikelompokkan dalam beberapa unit kerja. Biasanya strukturnya terdiri dari seorang vice president, Customer Service Department (bagian yang melayani pelanggan) , Sales Department (bagian penjualan) , Engineering atau production Department (bagian permesinan atau produksi), Accounting dan Administrative Department (bagian administrasi dan akuntansi), Human Resources Department, Finance Department, beserta yang lain.

Struktur fungsional dapat dibedakan berdasarkan fungsi manajemen dan juga unit kerja pada satu divisi. Keunggulan dari struktur fungsional ini di antaranya adalah dari segi sumber daya manusia yang bisa menjadi lebih efisien, sehingga nantinya dapat menghemat pengeluaran operasional perusahaan. Bukan hanya itu, dalam koordinasi juga lebih baik dan akan berjalan sesuai fungsinya. Meskipun dalam organisasi usaha konveksi baju, tetap dibutuhkan adanya struktur fungsional. Dengan demikian juga akan mudah untuk menggolongkan karyawan berdasarkan kemampuan yang dimilikinya. Namun, di sisi lain struktur organisasi fungsional pun sebenarnya memiliki kelemahan. Kelemahan pertamanya yaitu meski mempunyai koordinasi baik, namun dalam hal komunikasi antar tim masih sering mengalami kesulitan. Kelemaham kedua, anggota atau karyawan akan fokus terhadap pekerjaan yang mereka emban tanpa mengetahui beban tim lain. Dengan begitu, akan berdampak pada terbengkalainya sebuah pekerjaan tertentu.

Manfaat Struktur Organisasi Fungsional

Berikut beberapa manfaat struktur organisasi fungsional;

Menjadi lebih spesifik

Pada struktur organisasi fungsional, sebuah perusahaan akan dibagi menjadi beberapa departemen berdasarkan kegiatan utama yang dikerjakannya. Setiap departemen nantinya dipimpin oleh seorang manager yang ahli di bidang masing -masing. Karena lebih spesifik, maka pekerjaan yang dihasilkan jauh lebih banyak, efisiensi waktu baik, dan alhasil bisa selesai lebih cepat.

Terbentuknya koordinasi

Pada struktur organisasi fungsional, semua orang yang bekerja dalam satu departemen yang sama merupakan mereka yang kompeten pada bidang tersebut. Itulah sebabnya, mengapa koordinasi dari setiap departemen menjadi mudah terbentuk dan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.

Efisiensi managerial

Struktur organisasi jenis fungsional yang selama ini diterapkan, sangatlah membantu untuk meningkatkan efisiensi bagian managerial, karena pekerjaan yang dilakukan sama dan dilakukan secara berulang – ulang. Ini sangat memungkinkan terjadinya peningkatan nilai laba dan mendatangkan keuntungan perusahaan.

Mengurangi terjadinya duplikasi fungsi

Dalam struktur organisasi jenis ini, duplikasi fungsi atau tugas sangat jarang terjadi. Contohnya, departemen keuangan hanya akan mengurusi fungsi dan masalah terkait keuangan saja. Departemen lain tidak perlu mengurusi masalah finansial perusahaan. Dengan begitu, pemanfaatan sumber daya manusia dapat dialihkan ke tugas lain secara  lebih efektif.

Pelatihan

Karena setiap karyawan dalam departemen mempunyai fokus pada keterampilan yang terbatas, maka karyawan tersebut akan mendapatkan fasilitas pelatihan dari perusahaan apabila suatu saat terdapat kebijakan terbaru yang berkaitan dengan hukum serta peraturan perundang – undangan tentang tenagakerja.

Kecepatan pengoperasian

Pada umumnya, seorang manager senior akan menangani masalah lebih cepat daripada seseorang yang baru dan masih kurang pengalaman. Demikian terjadi pada saat melatih karyawan baru, maka seorang manager senior akan lebih cepat mendelegasikan tugas – tugasnya kepada karyawan yang akan belajar tersebut. Hal ini yang akhirnya nanti akan mempercepat kegiatan operasional didalam perusahaan.

Kejelasan pengoperasian

Dikarenakan pada struktur organisasi fungsional akan membagi dan membedakan antara tenaga kerja yang sesuai dengan fungsinya, maka dari itu pemberian tanggung jawab organisasi beserta pemberian jenis tugas pada masing – masing bagian akan semakin tampak jelas.

Setelah mengetahui definisi struktur organisasi fungsional, apa saja kelemahannya, keuntungan ataupun manfaat apa saja yang akan diberikan dengan menerapkan struktur organisasi jenis ini pada perusahaan yang anda kelola. CEO atau dewan direksi merupakan salah satu contoh darri struktur organisasi fungsional, didalamnya terdapat banyak professional yang mampu memimpin perusahaan dan mengarahkan untuk terwujudnya visi dan misi. Kita sangat sering mendengar kata CEO apalagi semakin maraknya start up di era milenialial ini. Banyak sekali anak muda yang sudah bisa menjadi CEO dari perusahaan yang dirintisnya bersama kawan seperjuangannya.

Selain CEO kita juga sudah sangat sering mendengar kata manajer perusahaan, nah yang demikian juga termasuk bagian dari struktur organisasi fungsional. Yang mana nantinya akan bekerja sama menjalankan roda perusahaan. Begitu juga pada bisnis konveksi baju yang pasti memiliki CEO, manager, marketing, ataupun struktur fungsional lain yang menyesuaikan kebutuhan dari tiap –¬† tiap perusahaan.

Antara satu perusaahaan tidaklah sama persis terkait bagian apa saja yang dibutuhkan, terkadang ada yang memerlukan editor terkadang ada yang tidak memerlukannya. Yang jelas dengan pembagian struktur berdasarkan fungsi yang ada akan membuat jalannya tata kelola perusahaan lebih efisien dan menghasilkan produk lebih banyak.