Sukses Berbisnis, Yuk Intip Panduan Budidaya Cacing Sutra yang Mudah Disini

Sukses Berbisnis, Yuk Intip Panduan Budidaya Cacing Sutra yang Mudah Disini

Cacing sutra atau biasa sering disebut dengan cacing rambut merupakan jenis cacing yang paling banyak dicari oleh para peternak. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin membudidayakan cacing ukuran kecil ini. Cacing yang hidup dengan berkoloni ini memiliki banyak manfaat, apalagi jika dijadikan sebagai campuran pakan ternak. Apalagi budidaya cacing sutra bisa dibilang sangat mudah. Untuk Anda yang tertarik dengan usaha ternak cacing ini, yuk simak disini.

Panduan Cara Membudidayakan Cacing Sutra Dengan Mudah

  1. Siapkan Bibit Cacing

Untuk memulai budidaya ini, maka perlu menyiapkan cacing rambut terlebih dahulu. Bibit cacing bisa didapatkan secara mudah yakni dengan cara membelinya di toko ikan hias atau di pasar hewan. Namun jika Anda memiliki sawah atau ladang, maka bisa mencari bibit cacing tersebut di lumpur. Namun yang paling disarankan adalah mengambil cacing secara langsung agar bisa mendapatkan bibit yang berkualitas.

  1. Menyiapkan Media Budidaya

Jika telah mendapatkan bibit cacing rambut yang berkualitas, langkah selanjutnya yang haru dilakukan adalah menyiapkan media budidaya. Terdapat dua jenis media yang bisa digunakan. yakni media lumpur dan media air biasa. Jika ingin menggunakan media lumpur, maka sangat disarankan menggunakan lumpur yang memiliki kondisi baik dan tidak mengandung logam. Media budidaya cacing sutra jenis ini bisa menggunakan lumpur yang diambil dari area persawahan.

  1. Memindahkan Bibit Cacing

Langkah selanjutnya setelah media sudah tersedia yakni memindahkan bibit yang telah dikarantina sebelumnya. Saat memindahkan bibit ini sebaiknya berhati hati, sebab bibit cacing rambut mudah mengalami stres. Selain itu gunakan alat seperti sendok atau jaring ikan untuk memindahkan bibit cacing. Sangat disarankan tidak menggunakan tangan, pasalnya suhu tangan bisa memengaruhi kegagalan dalam proses budidaya.

  1. perawatan Cacing

Melakukan perawatan merupakan langkah yang paling penting dalam usaha ternak cacing agar berhasil. Pasalnya perawatan yang dilakukan akan menentukan hasil budidaya, serta perawatan yang benar akan menghasilkan cacing rambut dengan kualitas yang baik. dalam melakukan perawatan, maka selalu perhatikan bahwa debit air mengalir pada kisaran 5 hingga 7 cm di media budidaya. Sebab debit air yang baik membuat kondisi oksigen dalam air akan terjaga.

  1. Perhatikan Makanan Cacing Rambut

Cacing yang dibudidayakan juga perlu diberi makan. Biasanya dalam budidaya cacing sutra akan memerlukan bahan atau komponen khusus yang harus diberikan. Dimana makanan cacing ini bisa dari bahan organik yang difermentasi atau juga dengan memberikan ampas tahu. Pasalnya ampas tahu memiliki banyak protein dan juga jamur yang sangat baik untuk memberikan nutrisi pada cacing.

Nah itulah panduan yang bisa diikuti saat ingin membudidayakan cacing rambut atau sutra. Jika sudah memasuki masa panen, maka cacing rambut memerlukan perlakuan yang khusus agar tidak mudah mati sebelum dijadikan sebagai pakan ternak yang tetap terjaga kualitasnya. Ada baiknya terapkan langkah langkah panduan dalam ulasan ini agar bisa berhasil dalam membudidayakan cacing.