Tips lulus ATKP Dengan Mudah

Tips lulus ATKP Dengan Mudah

ATKP adalah kepanjangan dari Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan yang merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah naungan kementrian perhubungan. ATKP ini memiliki tugas pokok sebagai pencetak tenaga ahli diploma dalam bidang keahlian teknik serta keselamatan penerbangan yang terbuka untuk umum, sehingga siapapun bisa mendaftar untuk tingkatan lulusan SMA tentunya.

ATKP sudah berdiri sejak tahun 1989 dan menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan yang cukup diminati oleh para lulusan SMA hingga saat ini. ATKP juga terbukti memiliki lulusan yang terampil, tangguh dan ahli dalam bidangnya sesuai dengan jurusannya karena ATKP juga sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Tentang ATKP

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau ATKP sudah berdiri sejak tahun 1989 yang tersebar di tiga kota besar di Indonesia yakni di Surabaya, Makassar dan Medan. Ketiga ATKP ini menjadi pusat pendidikan akademi atau politeknik yang berhubungan dengan penerbangan yang resmi dimiliki oleh pemerintah di bawah naungan menteri perhubungan.

ATKP merupakan sekolah penerbangan terbaik di Indonesia saat ini yang telah mencetak lulusan-lulusan terbaik di bidang penerbangan yang telah terjun langsung dan bekerja sesuai bidangnya masing-masing di dunia penerbangan.  ATKP juga memiliki akreditasi yang sudah sangat bagus yakni memiliki akreditasi A dari BAN-PT yang berarti memiliki fasilitas, sarana dan prasarana serta tenaga didik yang kompeten dan memadai.

Jurusan di ATKP

Sebagai akademi teknik dan keselamatan penerbangan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, tentunya ATKP ini memiliki banyak bidang studi yang bisa dipelajari oleh para calon taruna.

Banyak bidang studi yang bisa dipilih sesuai dengan peminatan si calon taruna, karena di ATKP ini memberikan beberapa pilihan program studi. Adapun beberapa program studi yang ada di ATKP ini adalah sebagai berikut.

  •     Program Diploma I meliputi : Bidang studi Basic air traffic services (BATS), kemudian ada juga pendidikan dasar teknik radio bandara dan pendidikan dasar teknik listrik bandara.
  •     Program Diploma II meliputi : Pengatur komunikasi penerbangan, Lalu lintas Udara, Pengatur teknik radio bandara dan ada juga pengatur teknik listrik bandara
  •     Program Diploma III meliputi : pemanduan lalu lintas udara, Teknik navigasi udara dan teknik listrik bandara

Selain Diploma I, Diploma II dan Diploma III, ATKP juga menyediakan kursus atau short course yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan anda dengan berbagai materi kursus yang tentunya berhubungan dengan dunia penerbangan dan menambah keterampilan anda di bidang ilmu penerbangan yang berguna untuk menunjang profesi anda dengan adanya sertifikat keahlian dari kursus di ATKP ini.

Fasilitas ATKP

Layaknya perguruan tinggi negeri lainnya yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT maka, ATKP ini juga memiliki berbagai macam fasilitas yang sangat komplit dan memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Di ATKP ini terdapat ruang kelas yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar, kemudian laboratorium elektronika, laboratorium komputer dan multimedia, laboratorium CBT (Computer based training), laboratorium bahasa, laboratorium LLU, laboratorium simulator penerbangan, laboratorium listrik, laboratorium mesin listrik, fasilitas praktik aviation security dan pertolongan pertama pada kecelakaan penerbangan serta pemadam kebakaran serta perpustakaan yang lengkap dengan berbagai buku di dalamnya.

Syarat masuk ATKP

Untuk syarat masuk ke ATKP ini, syaratnya sama seperti pada umumnya penerimaan calon mahasiswa atau taruna, hanya saja karena ATKP merupakan sekolah kedinasan milik pemerintah maka tentunya banyak syarat yang lebih ketat dan lebih spesifik jika dibandingkan dengan universitas lain pada umumnya.

Syarat utama sudah pasti harus memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional dengan tinggi badan minimal 160 cm dan harus sehat secara jasmani maupun rohani. Tahap pendaftarannya sendiri calon taruna diwajibkan mendaftar terlebih dahulu dengan melampirkan berbagai berkas pendukung, selanjutnya tes pertama yakni test untuk menentukan apakah calon taruna bisa lolos atau tidak ke tahap selanjutnya. Jika lolos maka bersiap-siap untuk tes tahap berikutnya, namun jika tidak lolos maka sudah dipastikan calon taruna tersebut tidak memenuhi kualifikasi.

Tips agar lulus tes ATKP

Menjadi calon taruna ATKP tentunya merupakan kebanggaan tersendiri karena tidak semua orang bisa masuk dan lulus tes di ATKP ini. Seleksinya yang sangat ketat dengan banyaknya test di dalamnya menjadikan ATKP sangat selektif dalam memilih calon taruna dan hanya menerima sedikit murid saja dalam satu angkatan baru.

Agar lulus tes ATKP, calon taruna harus belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh tentang semua pelajaran yang telah dipelajari di SMA atau di bimbel atkp karena tes awal masuk ATKP ini merupakan tes umum yang mengasah kemampuan akademik yang mana mengharuskan mendapat nilai yang bagus.

Selanjutnya ada juga tes kesehatan, pada test kesehatan ini pastikan calon taruna menjaga kondisi tubuh, makan makanan bergizi dan berimbang, tidur cukup dan olahraga rutin, dengan begitu maka ketika tes kesehatan anda akan lolos tanpa ada catatan sedikitpun.

Pastikan calon taruna tidak merokok, tidak memiliki riwayat penyakit menular apalagi penyakit berbahaya seperti HIV dan AIDS. Selain itu calon taruna juga tidak boleh memiliki tato dan tindik ataupun memiliki bekas tato dan tindik.